Beranda Budaya Tradisi Unik warga Mondoluko Rayakan Idul Adha

Tradisi Unik warga Mondoluko Rayakan Idul Adha

0
1326
Suherman dan Marsitoh unjuk kebolehan bertanding silat dalam tradisi mencak sumping di Dusun Mondoluko, Desa Taman Suruh, Glagah kemarin.

Undang 50 Perguruan Silat, Bikin Ratusan Sumping


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

KERUKUNAN manusia berpakaian hitam-hitam terlihat memenuhi salah satu rumah yang berada di Dusun Mondoluko, Desa Tamansuruh siang itu. Jika diamati lebih dekat, pakaian hitam-hitam yang sekilas mirip dengan baju adat Suku Oseng ini ternyata adalah seragam pencak silat.

Hari itu tepat pada 10 Dzulhijah di kalender Islam yang merujuk pada hari raya Idul Adha 1438 H. Sesuai tradisi yang sudah berlaku selama turun-temurun di tempat itu, masyarakat Dusun Mondoluko sedang bersiap untuk nnenyaksikan dan menggelar acara selamatan Desa.

Dimana salah satu bagian dari ritual itu adalah menampilkan atraksi pencak silat. Begitu acara dibuka, satu-persatu para pendekar dari puluhan perguruan yang diundang oleh tuan rumah mulai unjuk diri.

Awalnya mereka hanya bermain tangan kosong saja sembari menunjukkan jurus-jurus ringan yang terdiri dari pukulan rendah dan kembangan. Setelah itu mulai muncul satu dua pendekar yang menggunakan ragam senjata tajam. Mulai dari celurit, pedang, trisula. tongkat hingga belati.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last

error: Uppss.......!