Tujuh Kecamatan di Banyuwangi Diterjang Banjir

0
536


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Tiang Listrik Ambruk, 7 Ekor Sapi Hanyut

SILIRAGUNG – Hujan deras sejak Sabtu siang kemarin (11/2) memicu terjadinya banjir di mana-mana. Setidaknya tujuh kecamatan di wilayah Banyuwangi Selatan terdampak banjir. Ketujuh kecamatan itu adalah Kecamatan Pesanggaran, Siliragung, Bangorejo, Gambiran,  Cluring, Purwoharjo, dan Tegaldlimo.

Dari ketujuh kecamatan itu, daerah yang  paling parah Kecamatan Pesanggaran, Siliragung, dan Bangorejo. Banjir yang mulai terjadi pukul 18.00, merendam ratusan rumah milik warga.  Sejumlah rumah milik warga rusak berat, jalan ambrol, jembatan rusak, tiang listrik  ambruk, dua sapi mati, dan satu sapi lainnya  hilang.

Camat Siliragung, Hariono, mengatakan banjir yang terjadi itu setelah hujan turun  dengan deras sejak pukul 17.00. Intensitas hujan yang tinggi, pada pukul 18.00 langsung identifikasi potensi banjir. “Dari pengalaman yang ada, bila hujan deras bisa banjir,” katanya.

Prediksinya ternyata benar, sekitar pukul 19.30 air dari Sungai Bango dan Sungai Gemenggeng di Desa Kesilir naik ke daratan dan mulai masuk ke perumahan warga, dan warga mulai mengungsi ke tempat lebih aman. “Saya koordinasi dengan BPBD, sekitar pukul  20.30, Tagana dan BPBD datang,” ujarnya.

Dari data yang ada, terang dia, dalam banjir ini banyak rumah  warga yang terendam. Di Desa Kesilir, ketinggian air mencapai satu meter lebih. Sebuah tiang PLN juga ambruk setelah tertimpa pohon yang ambruk. “Dua pohon ambruk mengenai tiang listrik,” ungkapnya.

Camat Hariono menyebut, untuk sementara di Desa Kesilir ini rumah milik warga yang terendam ada 38 kepala keluarga (KK), sedang di Desa Seneporejo ada 40 KK. “Total kerugian masih dihitung dan korban jiwa kosong,” katanya.  Selain bangunan yang rusak,  akibat banjir itu tujuh ekor sapi jenis Limusin milik Takrib, 65,  warga Dusun Silirsari, Desa Kesilir,  Kecamatan Siliragung sempat hanyut. Ketujuh sapi itu, hilang  sekitar pukul 01.00 karena terbawa  arus banjir. “tujuh sapi di kandang  kenter,” terang Yoyok, 27, salah satu putra Takrib.

Setelah dilakukan pencarian, terang  dia, hingga kemarin siang dari tujuh ekor sapi yang hilang itu, empat  ekor berhasil ditemukan lagi. Dua  ekor ditemukan mati dan satu ekor lainnya masih hilang. “Dua ekor ditemukan mati, satu ekor masih  hilang,” cetusnya.

Sedang banjir di wilayah Kecamatan Bangorejo, itu karena meluapnya Sungai Bango. Debit air yang tinggi, membuat air tumpah ke daratan gingga merendam perumahan warga. Hujannya cukup deras, sungai tidak mampu menampung,’’ terang Camat Bangorejo, Didik Joko Sahono.

Untuk banjir di Dusun Silirbaru,  Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, warga menganggap sudah biasa. Setiap turun hujan deras, daerah di sekitar kantor  kecamatan, polsek, dan perumahan  warga di sekitarnya selalu banjir.

“Kalau hujan deras memang banjir,’’  kata salah satu warga di Dusun  Silirbaru, Desa Sumberagung. Meski sudah biasa, tapi banjir kali  ini termasuk cukup tinggi. Akibatnya, gara-gara banjir ini kantor Kecamatan Pesanggaran, Puskesmas Sumberagung, kantor Desa Sumberagung, sejumlah sekolah dipenuhi lumpur.

“Sejumlah peralatan komputer dan  alat penyimpanan vaksin terendam,”  terang kepala Puskesmas Sumberagung, Mahfud Hadi. Kerusakan akibat banjir ini, juga menimpa TK Nusa Indah yang bersebelahan dengan Puskesmas. Di sekolah ini sejumlah alat peraga  edukasi APE dan buku rusak karena terendam.

“Air masuk cukup tinggi, kerugian sekitar Rp 12 juta,” terang  kepala TK Nusa Indah, Sumito Hadi. Yang tidak kalah parah, gara-gara banjir itu jalan penghubung Desa Sumberagung menuju Desa Sarongan dan Kandangan, tepatnya di sekitar gunung gamping ambrol.  “Sudah kita pasang rambu-rambu,” terang Pj. Kepala Desa Sumberagung, Suryanto. (radar)

Loading...

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Yuk gan segera order Rack Server DATEUP RACK PERTAMA DAN SATU SATU NYA DI INDONESIA Dengan desain yang sangat bagus…
08/21/2018
Surabaya

Baca Juga :