Turin, Juru Kunci dan Pembuat Rumus Kalender

0
844
Turin, 55 menunjukkan rumusan kalender tahun baru 2018 jatuh pada hari Senin Legi.
Turin, 55 menunjukkan rumusan kalender tahun baru 2018 jatuh pada hari Senin Legi.

Bantu Ramal Masa Depan Sesuai Tanggal Lahir

Membuat kalender hingga 170 tahun bukan perkara mudah. Hal itu dilakukan, Turin, 55, salah seorang warga Dusun Sukorejo, RT 02/RW 01, Desa Lemahbangkulon, Kecamatan Singojuruh. Menariknya, rumusan kalender itu ditulis tangan sendiri dalam sebuah buku folio bergaris.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

DEDY JUMHARDIYANTO, Singojuruh

Waktu menunjukkan pukul 13.00. Hujan rintik-rintik mengguyur sejak pagi. Seorang lelaki paruh baya dengan tenang dan santai duduk di balai bengong (gazebo). Lelaki itu tampak serius menulis di atas kertas bergaris. Segelas kopi hitam bersanding tepat di samping kirinya.

Sesekali lelaki itu membuka lembaran kertas yang diletakkan di lantai persis di depan tempatnya duduk. Lelaki itu adalah Turin. Warga Dusun Sukorejo, RT 02 RW 01, Desa Lemahbangkulon, Kecamatan Singojuruh itu sehari-hari bertugas sebagai juru kunci petilasan Syeh Siti Jenar.

Di balik kepolosannya sebagai juru kunci, Turin ternyata juga menyimpan bakat yang sungguh luar biasa. Betapa tidak, dengan penuh kesabaran, Turin membuat rumusan kalender. Padahal, rumusan kalender itu juga tidak pernah dicetak untuk kepentingan umum.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last