Umur Tiga Bulan Sudah Bisa Dioperasi

0
126

Operasi Penderita Bibir Sumbing di RSI Fatimah


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Untuk kali keempat, Rumah Sakit Islam (RSI) Fatimah melaksanakan operasi bibir sumbing secara gratis. Realisasi program Customer Servise Relationship (CSR) RSI Fatiman yang dimulai sejak 2009 ini menggandeng Cleft Lip and Palate (CLP) Centre. CLP Centre sendiri berpusat di Universitas Muhamadiyah Malang. Pelaksanaan operasi bibir sumbing bertajuk Banyuwangi Bebas Bibir Sumbing itu dilaksanakan Sabtu (13/4) lalu, dan berhasil mengoperasi sembilan pasien dari berbagai wilayah Banyuwangi.

Dari sembilan pasien tersebut, tidak hanya orang dewasa saja tetapi juga terdapat anak-anak. Menurut kepala RSI Fatimah, dr Rusdi Dziban, SpB, FINACS menuturkan, sebelum pasien menjalani operasi, terlebih dahulu menjalani screening. Screening ini merupakan pemeriksaan awal dari kondisi pasien. Mulai dari berat badan, usia, hingga kondisi bibir sumbing. “Terkadang tidak hanya bibir sumbing saja. Tetapi juga terdapat kelainan pada langit-langit rongga mulut,” ujar Rusdi, yang merangkap tim operasi itu.

Loading...

Masih menurut Rusdi, penderita bibir sumbing yang sudah berusia tiga bulan ke atas dan berat badannya lebih dari lima kilogram sudah bisa dioperasi. Namun, apabila pada langitlangit rongga mulut penderita mengalami kelainan, mereka baru dioperasi minimal berusia 8 bulan sampai 1 tahun. Kelainan pada langit-langit tersebut bisa menyebabkan suara pada penderita bibir sumbing menjadi sengau.

Apabila lebih dari usia lima tahun belum menjalani operasi langit-langit, maka suara sengau pada pasien penderita bibir sumbing ini tidak hilang. “Untuk operasi bibir sumbing bisa langsung dilaksanakan dalam satu kali tindakan operasi, namun untuk langit-langit rongga mulut bisa bertahap,” kata Rusdi. Dikatakan, RSI Fatimah masih membuka pendaftaran untuk operasi bibir sumbing untuk gelombang berikutnya. “Karena itu, apabila ada masyarakat yang mengetahui atau mengalami bibir sumbing dengan umur 4 bulan hingga 22 tahun, bisa mendaftar di RSI Fatimah, Jalan Raya Jember 24 Banyuwangi,” imbau Rusdi.(radar)

Loading...