Wajib Ada Sesaji dan Bendera Merah Putih

0
1230
Jaelan, 53, dan Misno, 49. saat mengerjakan rumah adat khas Oseng halaman belakang Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, kemarin (3/10).
Jaelan, 53, dan Misno, 49. saat mengerjakan rumah adat khas Oseng halaman belakang Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, kemarin (3/10).

Rumah khas adat Oseng Tikel Balung kian marak dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Rumah asli masyarakat Banyuwangi tersebut kini hampir bisa dijumpai di sejumlah destinasi wisata di Banyuwangi. Bagaimana dengan nasib para tukang pembuat rumah khas tersebut?


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

DEDY JUMHARDIYANTO, Banyuwangi

SUASANA kantor pelinggihan Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Banyuwangi siang itu cukup ramai. Sejumlah orang berpakaian pegawai negeri sipil (PNS) dan berbusana balik baru saja beranjak dari tempat duduk usai mengikuti rapat persiapan event Gandrung Sewu.

Diantara para staf kantor Disbudpar dan tamu yang berseragam dinas itu, di salah satu sudut pojok kantor itu tampak lima orang pekerja yang kesemuanya laki-laki. Mereka terlihat riang dan penuh canda. Sesekali juga tertawa lepas.

Mereka seolah tak menghiraukan lingkungan perkantoran di sekelilingnya. Mereka sibuk menyelesaikan pekerjaannya. Ada yang mengangkat kayu, memegang palu, hingga memegang gergaji.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last