Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Waspada! Pencuri Spesialis Toko Kelontong Gentayangan di Banyuwangi, Aksinya Terekam CCTV

Aksi pencuri terekam CCTV (Foto: seblang.com)

SEBLANG.COM – Seorang pencuri spesialis toko kelontong bergentayangan di wilayah Desa Bomo, Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi. Pelaku berhasil menggasak uang dan rokok dagangan yang akibatkan pemiliknya merugi jutaan rupiah.

Kali ini, aksi pencuri yang kian meresahkan warga setempat itu terekam kamera CCTV, Sabtu dinihari (29/01/2022) sekitar pukul 01.47 WIB.

Dalam rekaman CCTV di toko kelontong milik Joko Hariyono, warga setempat, terlihat pelaku hanya sendirian dengan membawa senter dan linggis kecil tanpa penutup kepala, sehingga terlihat jelas wajah pelaku.

Dia mencongkel etalase toko lalu mencuri uang yang berada di toko kurang lebih Rp. 200 ribu. Selain itu, pencuri juga menjarah rokok berbagai merek yang ditaksir kurang lebih senilai Rp. 3 jutaan.

Joko Hariyono mengatakan, pencurian di dalam tokonya itu diketahui pada Sabtu pagi sekitar pukul 05.00 WIB. Ia terkejut melihat bagian etalase toko dalam keadaan berantakan dan dagangan rokoknya berbagai merek raib.

Lalu setelah dicek rekaman CCTV ternyata ada pencuri yang telah menyatroni toko kelontong miliknya.

“Pencuri itu beraksi sekitar 10 menitan saja. Pelaku mencuri dagangan rokok dan uang di laci sekitar Rp. 200 ribuan. Jika ditaksir kerugian saya Rp. 3 juta lebih,” kata Joko kepada seblang.com, Selasa (1/2/2022).

Joko menjelaskan, diduga pencuri itu masuk lewat bangunan sebelah toko yang merupakan tempat radio komunitas milik warga setempat.

“Tempat saya ini kan nyewa disini mulai tahun 2019 dan bersebelahan dengan tempat radio komunitas yang hanya dipisah dengan triplek. Katanya, pintu belakang tempat radio itu memang tidak dikunci karena rusak,” jelasnya.

Meski dalam rekaman CCTV terlihat jelas wajah pelaku, namun Joko tidak mengenalinya. Diduga maling tersebut berasal dari luar Desa Bomo. “Wajahnya jelas kok, tetapi warga sini tidak ada yang mengenal. Kejadian ini sudah saya laporkan ke polisi,” terangnya.

Kuat dugaan, pelaku pencurian spesialis toko kelontong ini berkaitan dengan aksi-aksi serupa sebelumnya di daerah yang sama. Hal itupun kian meresahkan warga.

“Peristiwa pencurian di toko-toko milik warga di Desa Bomo berulang kali terjadi. Ini sangat meresahkan kami,” kata Wardoyo, tokoh masyarakat setempat.

Anehnya, kata Wardoyo, yang dicuri maling tersebut bukan barang – barang yang ada di toko seperti Komputer dan barang elektronik lainnya, melainkan malah menjarah rokok. Kendati demikian, dari sekian banyak kejadian, baru kali ini peristiwa pencurian di toko kelontong dilaporkan ke polisi. Diapun berharap pihak kepolisian untuk bergerak cepat menangkap pelaku pencurian tersebut.

“Kejadian pencurian toko di daerah kami sering terjadi. Tetapi baru kali ini dilaporkan ke Polisi karena pelaku terekam jelas di CCTV. Saya harap polisi menangkap pelaku secepatnya, supaya kami khususnya warga Dusun Kedunen tidak resah dan bisa tidur nyenyak di malam hari,” harapnya.

Terkait adanya laporan warga, hingga saat ini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan guna mengungkap kasus pencurian tersebut.

“Kami masih melakukan penyelidikan,” kata Kapolsek Rogojampi, Kompol Sudarsono.

Sumber : https://seblang.com/2022/02/01/waspada-pencuri-spesialis-toko-kelontong-gentayangan-di-banyuwangi-aksinya-terekam-cctv/