Waspadai Cuaca Buruk di Selat Bali, Otoritas Pelabuhan Siapkan Skenario Buka Tutup

0
157

waspadai-cuaca-buruk-di-selat-bali-otoritas-pelabuhan-siapkan-skenario-buka-tutup

KALIPURO – Menghadapi musim hujan ini, pengguna jasa  penyeberangan lintas Ketapang- Gilimanuk diminta waspada. Pihak otoritas pelabuhan mewaspadai cuaca buruk yang terjadi di lintasan Selat Bali pada bulan Desember ini. Jika cuaca buruk melanda wilayah Selat Bali,  otoritas pelabuhan siap menerapkan sistem buka tutup pelabuhan.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Ketapang, Ispriyanto mengatakan, meski hujan lebat yang  sering terjadi sejauh ini masih belum mengganggu jalur pelayaran di Selat Bali. Meski begitu,  pihaknya tetap menginstruksikan  kepada nakhoda untuk berhati-hari jika hujan lebat terjadi.

”Tetap  waspada saja. Sejauh ini, alhamdulillah masih aman,” kata Ispriyanto. Sementara itu, meski hujan lebat terjadi di wilayah Ketapang  sejak siang hingga sore kemarin  tidak membuat jalur pelayaran di Selat Bali di tutup. Aktivitas  bongkar muat kendaraan ke dalam kapan di Pelabuhan ASDP   Ketapang dan LCM Ketapang masih terus berlangsung. Kapal-kapal feri juga tetap melanjutkan  perjalanan untuk melayani jasa pelayaran di Selat Bali.

”Hujan  memang terjadi tadi (kemarin).  Tapi masih di bawah batas normal. Gelombang dan angin masih  belum meningkat, masih aman untuk pelayaran,” tambahnya.

Mengingat di bulan Desember ini adalah puncak musim penghujan, ke depan jika cuaca  buruk kembali terjadi pihaknyaakan terus melakukan pemantauan. Jiak kecepatan angin di atas angka 10-15 knot, tentu pihak  KUPP Ketapang terpaksa akan  melakukan sistem buka tutup pelabuhan demi keselamatan  pelayaran di Selat Bali.

”Kalau  kondisinya tidak memungkinkan  tentu akan kita lakukan sistem buka tutup,” pungkasnya.(radar)

Loading...