184 Desa di Banyuwangi Rawan Banjir Jelang Musim Hujan, BPBD Imbau Waspada

  • Bagikan
Banjir, Foto : Dokumentasi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur mengimbau masyarakat waspada banjir jelang masuk musim penghujan.

Kasi Pencegahan BPBD Banyuwangi Yusuf Arif mengungkapkan, ada 184 desa/kelurahan di wilayahnya yang rawan banjir. “Peta bencana ini didasarkan pada analisa, peta aliran air, aliran sungai, serta pantai.

Untuk potensi bencananya sedang semua,” kata Yusuf, Rabu (20/10/2021).
Meski demikian, Yusuf meminta masyarakat tidak perlu panik dan meningkatkan kewaspadaan.

“Informasi peringatan dini ini kami harap, bisa direspons dengan upaya dini dalam meningkatkan kewaspadaan,” kata dia Yusuf mengatakan, warga bisa mengunduh aplikasi InaRisk untuk melihat potensi kedaruratan bencana.

Pada aplikasi ini warga bisa melihat bagaimana upaya mitigasi terkait bencana.

“Di aplikasi itu bisa ditentukan lokasinya, misalkan di daerah itu ancamannya banjir bandang.

Kalau banjir bandang berarti masyarakat bisa membaca rekomendasi-rekomendasi yang ada di dalam aplikasi tersebut,” katanya.

Saat ini, sebagian besar wilayah Banyuwangi masuk peralihan musim atau pancaroba.

Sementara itu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas III Banyuwangi meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem.

Prakirawan BMKG Banyuwangi, Dita Purnamasari mengatakan, potensi cuaca ekstrem meliputi hujan lebat disertai kilat. Kemudian angin kencang hingga puting beliung.

Ia mengatakan, musim hujan di Banyuwangi diperkirakan terjadi pada November dan Desember 2021. Dalam sepekan terakhir, cuaca di wilayah Kota Banyuwangi kerap dilanda hujan deras dan angin kencang.

Hujan terutama terjadi pada sore hari menjelang malam.

Sumber : https://regional.kompas.com/read/2021/10/21/064042378/184-desa-di-banyuwangi-rawan-banjir-jelang-musim-hujan-bpbd-imbau-waspada?page=2

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: