Anak Perlu Mendapat Perlindungan Hukum

0
194
PEDULI ANAK: Maria Ulfa (kiri) menerima cenderamata dari Ny. Dani Azwar Anas.

BANYUWANGI – Ratusan kaum perempuan dari organisasi perempuan se-Banyuwangi kemarin bertemu Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Maria Ulfa, di Pendapa Shaba Swagata Blambangan. Mereka mengikuti dialog upaya perlindungan perempuan dan anak yang digelar Tim Penggerak PKK Banyuwangi. Dialog itu diikuti Ny. Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan sejumlah istri pejabat teras Pemkab Banyuwangi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Director Exciter Global Peace Festival Indonesian Foundation (GPIF), Nadia Pratiwi Tarigan, juga hadir dalam dialog tersebut. Di hadapan kaum perempuan Banyuwangi, Maria Ulfa menyatakan bahwa undang-undang perlindungan anak sangat penting. Yang dimaksud anak di sini adalah sejak dalam kandungan sampai 18 tahun. “Mereka perlu mendapat perlindungan dan pendampingan. Apalagi, saat ini banyak kasus kekerasan terhadap anak,” katanya.

Anak sering menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), kekerasan di lingkungan tempat tinggal, dan kekerasan di sekolah. “Belajar dari kasus tersebut, saat ini sudah saatnya anak-anak mendapat perlindungan hukum,” tutur Maria Ulfa. Nadia Pratiwi Tarigan menambahkan, perlu lembaga formal dalam mencegah tindak kekerasan di sekolah, rumah tangga, dan lingkungan.

Lem- baga itu bertugas mendidik para ibu-ibu agar memberikan contoh yang baik kepada keluarga dan lingkungan masing- masing. “Dengan begitu, kasus kekerasan terhadap anak bisa dicegah sejak dini,” ujar Nadia. Dhani Azwar Anas mengatakan, PKK kabupaten Banyuwangi sudah membuka sekolah cinta keluarga. Lembaga itu diberi nama Sekolah Keluarga Sakinah. Lembaga itu didirikan PKK dan be- kerja sama dengan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ibrahimy dan Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. “Sekolah ini akan dimulai Oktober mendatang. Mereka rata- rata para kader PKK,” ujar Dhani. (radar)

Loading...

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Yuk gan segera order Rack Server DATEUP RACK PERTAMA DAN SATU SATU NYA DI INDONESIA Dengan desain yang sangat bagus…
08/21/2018
Surabaya