Antisipasi Longsor Susulan, BPBD Pasang 2.000 Kantong Trap

0
771
Petugas dan warga memasang kantong trap untuk menahan longsor di bawah bukit Dusun Sumbergondo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Glenmore .

GLENMORE – Upaya penanganan bukit  yang Longsor di Dusun Sumbergondo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Glenmore, mulai dilakukan petugas BPBD Banyuwangi bersama warga Selasa (10/10). Mereka memasang kantong trap di lereng bukit untuk penahan bila terjadi longsor susulan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Pemasangan trap itu, dilakukan dengan menumpuk kantong dengan posisi terasering sepanjang 15 meter dan lebar empat meter. Selain itu, petugas juga memotong sejumlah pohon yang tumbang menggunakan mesin chainsaw. “Kita juga bersih-bersih dulu,” cetus Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Banyuwangi, Sukarno.

Menurut Sukarno, untuk pemasangan trap dan bersih-bersih ini akan dilakukan selama empat hari. Semua kegiatan itu, dilakukan di sekitar lokasi kejadian bukit longsor. “Kita memperkuat tebing,” ungkapnya.

Pemasangan trap di tebing ini, dilakukan untuk mengantisipasi bila terjadi hujan tinggi tidak menimbulkan longsor susulan. Sebab, kondisi tanah di bukit banyak yang gembur. “Tanah gembur dan itu memudahkan sliding,” jelasnya.

Untuk kekuatan penahan buatan yang dilakukan itu, Sukarno menyatakan itu tergantung pemasangan. Jika ditambahi dengan tanaman bambu dan dipasang secara rapi, dipastikan kekuatan penahan tersebut bisa selamanya. “Kalau bambu ditanam dengan merata, saya kira kuat selamanya,” katanya.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last