Banyuwangi dan Jembrana Kolaborasi Gelar Festival Selat Bali

0
264


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan Jembrana bersepakat melakukan kolaborasi untuk mengembangkan sektor pariwisata di dua kabupaten bertetangga yang hanya dipisahkan Selat Bali tersebut.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas telah bertemu dengan Bupati Jembrana I Putu Artha untuk pengembangan pariwisata bersama di sela-sela pawai obor Asian Games di Gilimanuk, Jembrana Bali, Senin (23/7).

“Di era sekarang, tidak mungkin kita bisa maju tanpa kolaborasi. Pemasaran bisa dilakukan bersama antar-daerah, misalnya dalam bentuk festival bersama yang menonjolkan destinasi alam dan budaya antara Jembrana dan Banyuwangi,” ujar Anas.

Anas mencontohkan, bisa digelar Festival Selat Bali sebagai instrumen pemasaran bagi Banyuwangi dan Jembrana untuk bisa bersama menampilkan beragam atraksi wisatanya.

“Tentu akan sangat menarik bagi wisatawan untuk menikmati festival tersebut. Misalnya digelar dalam tiga hari dengan lokasi bergantian. Atau bisa dibikin di atas kapal ferry,” jelasnya.

Memadukan paket wisata Jembrana dan Banyuwangi, imbuh Anas, adalah langkah tepat untuk membidik wisatawan mancanegara (wisman).

“Setelah berlibur di kawasan Bali Barat, wisman bisa ke Banyuwangi untuk menikmati api biru (blue flame) di Kawah Ijen. Atau sebaliknya. Belum lagi seni-budaya Jembrana dan Banyuwangi yang sama-sama elok,” papar Anas.

“Sekali wisman datang, bisa langsung dapat dua wisata khas Pulau Jawa maupun Bali,” imbuh Anas.

Bupati Jembrana I Putu Artha antusias dengan gagasan pemasaran wisata bersama tersebut. “Membaurkan seni budaya antara Banyuwangi dan Jembrana, itu tidak susah, karena kita sudah kerja sama dalam banyak hal. Kami akan ke Banyuwangi untuk saling belajar di antara dua daerah ini,” cetus Putu.

Putu berharap, kerjasama yang sinergis ini akan mampu menarik wisatawan lebih cepat. Karena, wisatawan yang selama ini mengunjungi Bali Barat, bisa ditarik untuk datang ke Banyuwangi dan sebaliknya.

“Apalagi kita sudah siapkan semacam jetty, pelabuhan untuk sandarnya perahu dan kapal. Itu akan lebih enak lagi. Saya sangat respons sekali. Semoga kolaborasi ini berlanjut sampai anak cucu kita nanti,” katanya.

Loading...

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

"JUAL KAYU MERANTE-KAMPER-BORNEO-DLL.ASAL SUMATRA" "UKURAN KAYU BORNEO" 1).KAYU BORNEO RENG RENG: 3 x 4 x 400 cm = Rp. 2.000.000…
10/22/2018
jakarta

Baca Juga :