Bebas Penyakit Anthrax

0
448

Tim Gabungan Periksa 800 Ekor Ternak


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Dinas Peternakan (Disnak) menurunkan tim dokter hewan untuk memeriksa kesehatan ternak kurban kemarin (24/10). Pemeriksaan ternak itu dilakukan secara serentak di seluruh kecamatan di Banyuwangi. Di wilayah Kecamatan Banyuwangi dan sekitarnya, Disnak menurunkan dua tim dokter hewan. Setiap kecamatan ditangani langsung dokter hewan dari Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) masing-masing kecamatan.

“Hasil pemeriksaan di beberapa kecamatan belum diketahui,” ungkap Kepala Dinas Peternakan, Heru Santoso. Tim dokter hewan dari dinas sudah melaporkan hasil pemeriksaannya. Dalam laporannya, tim dokter hewan tidak menemukan hewan kurban yang di jual di beberapa lokasi itu berpenyakit.

Sejak awal, lanjut Heru, pihaknya mencemaskan ada penyakit anthrax pada hewan kurban yang dijual. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan, hewan kurban yang dijual itu tidak terindikasi anthrax. “Dari sekitar 800 ekor kambing yang kita periksa, tidak ditemukan penyakit apa pun,” ungkap Heru.

Loading...

Pemeriksaan fisik hewan kambing itu, beber Heru, dilakukan di beberapa titik di sepanjang Jalan Kepiting. Di lokasi itu, semua kambing yang dijual dinyatakan sehat. “Pemeriksaan di kecamatan belum tahu hasilnya. Mudahmudahan hasilnya sama,” katanya. Hewan kurban yang terindikasi kuat berpenyakit, pihaknya akan melarang hewan itu dijual. Sebab, penyakit anthrax akan memiliki dampak serius terhadap kesehatan manusia.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2