Bibit Durian Musang King Laris Manis

0
258

Pekerja-kebun-merapikan-bibit-durian-merah-setelah-disirami-air-kemarin.

GAMBIRAN – Permintaan terhadap bibit tanaman buah saat ini cukup tinggi. Di antara bibit buah itu, yang paling banyak dicari para pembeli adalah durian  jenis musang king dan jenis durian merah. Itu seperti yang terlihat di sentra bibit buah di Dusun Petahunan, Desa Jajag, Kecamatan Gambiran.

“Semua jenis buah ada, yang banyak  dicari adalah bibit durian dan jambu  kristal,” cetus Muklis, 35, salah satu pekerja sentra bibit buah di Dusun  Petahunan, Desa Jajag. Dari jenis bibit durian yang ada, terang dia, yang paling digemari adalah durian jenis musang king.

Daya tarik durian jenis ini mengalahkan jenis durian merah dan durian montong. Terkait harga,  durian jenis ini termasuk kelas  menengah, yakni antara Rp 50 ribu hingga Rp 300 ribu per bibit. Durian jenis montong, terang  dia, harganya mulai Rp 25 ribu per bibit. Bibit durian merah harganya Rp 250 ribu hingga Rp 300 ribu per bibit.

“Yang paling dicari pembeli adalah durian jenis musang king,” jelasnya. Para pembeli bibit buah, masih kata dia, bukan hanya dari Banyuwangi  saja. Tetapi, juga banyak yang berasal dari luar daerah, seperti Bali. “Umumnya membeli untuk dibudidayakan dalam jumlah  besar,” ungkapnya.

Bagaimana dengan pembeli bibit buah jeruk? Saat ini petani yang mencari bibit buah jeruk cenderung menurun. Meski ada yang mencari bibit buah jeruk, tapi tidak seramai  beberapa tahun lalu. “Tidak seramai dulu,” terang Ny Sulemi, 55, penjual bibit buah jeruk seraya  menyebut harga bibit jeruk itu Rp   6.000 per batang.

Menurunnya harga bibit jeruk itu, terang dia, karena banyak  petani di Banyuwangi Selatan yang beralih ke penanaman buah naga dan jambu kristal. “Sekarang  banyak yang menanam buah naga,” cetusnya. (radar)

Loading...


Kata kunci yang digunakan :