Durian Balqis Resmi Milik BWI

0
1063

BANYUWANGI – Setelah melewati proses penelitian dan pengkajian panjang, akhirnya dua varian durian merah, yakni balqis dan  SOJ, resmi diberi tanda daftar Kementerian Pertanian melalui Direktur Jenderal Hortikultura sebagai milik Kabupaten Banyuwangi.

Pengesahan dua varian durian merah itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK)  Menteri Pertanian Nomor 143/Kpts/ SR.120/D.2.7/9/2015 untuk jenis durian SOJ dan142/Kpts/SR.120/D.2.7/9/2015 untuk jenis durian balqis.

Kepala Dinas Pertanian Kehutanan dan Perkebunan (PKP), Ikrori  Hudanto, mengatakan pemerintah kabupaten segera mengeksekusi keputusan kementerian tersebut, di antaranya dengan menganggarkan pengadaan bibit durian varian tersebut tahun depan.

“Pengadaan bibit akan kami anggarkan  mulai tahun depan. Itu guna meningkatkan produksi,” ujar Ikrori. Dinas Pertanian telah memetakan wilayah yang bakal menjadi sentra durian merah. Pilihannya meliputi Kecamatan Kalipuro,  Licin, Glagah, Giri, dan Songgon.

Lima wilayah tersebut dipilih sesuai asal pohon induk.  Lima wilayah tersebut memiliki topografi yang sesuai kebutuhan varian komoditas durian tersebut. Sebelumnya, Dinas Pertanian telah melakukan uji coba penggandaan varietas durian balqis dan SOJ dengan cara vegetatif.

Dalam waktu dekat Dinas Pertanian juga akan menyosialisasikan  produksi durian varian SOJ  dan balqis kepada petani durian. Durian jenis SOJ dan balqis tumbuh di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah.  Keduanya memiliki spesifikasi yang unik  dan menarik.

Durian SOJ atau kependekan  dari Sunrise of Java itu memiliki warna daging  oranye terang. Rasanya manis-pahit dengan ketebalan daging 15 hingga 16,5 milimeter. “Aromanya tidak tajam. Keunggulannya adalah warnanya yang mencolok dan  mempunyai nilai ekonomi tinggi,” kata Ikrori.

Pemilihan namanya juga cukup unik. Untuk mengangkat citra Banyuwangi dalam komoditas  durian, dipilih jargon Banyuwangi, yakni Sunrise of Java. Namun, karena tidak  diperkenankan istilah asing, Dinas Pertanian menggunakan singkatan SOJ.

Sementara itu, durian balqis yang juga  ditem ukan di Glagah memiliki ciri khusus dari segi warna daging buah. Warna daging  durian balqis adalah oranye kecokelatan. “Keunggulan lain adalah bunga bertahap dua kali dalam satu periode bunga,” tambah  Ikrori. (radar)