Sepanjang Jalan di Banyuwangi Banjir Buah Durian

0
339
Foto: timesindonesia

BANYUWANGI – Sepanjang jalan di Banyuwangi, khususnya di jalan Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, dibanjiri para pedagang buah durian. Fenomena ini terjadi karena bulan Februari hingga April adalah musim panen raya buah durian.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dilansir dari timesindonesia, puluhan lapak pedagang berjejer berjualan disepanjang jalan menuju obyek wisata lereng Gunung Ijen tersebut.

Adapun aneka jenis buah durian yang dijual tempat ini yaitu mulai dari durian merah, durian montong, durian mentega, durian orange, dan durian lokal.

“Alhamdulillah banyak yang membeli mas, kebanyakan yang beli dari dalam kota, tetapi kalau pas hari libur, rata-rata orang luar kota yang beli,” ucap seorang pedagang buah durian Isnaini (32) yang berjualan di perbatasan Desa Kemiren dan Desa Tamansuruh tersebut, Sabtu,(6/4/2019).

Isnaini, pedagang buah durian asal Desa Tamanuruh, Kecamatan Glagah, tersebut mengaku dalam sehari bisa menjual 60 – 100 Buah, apalagi disaat akhir pekan tiba, Isnaini kewalahan menerima permintaan dari pembeli asal Jakarta, Surabaya dan Luar Kota lainnya.

Pembeli kebanyakan menggemari durian jenis mountong, mentega dan lokal, karena rasanya yang manis dan dagingnya tebal.

“Saya sangat terkejut dengan rasa buah durian disini. Karena udah enak, dagingnya tebal, murah lagi,” kata Nurhani Fuji Astuti (23) pembeli asal Banyuwangi.

“Saya senang bisa merasakan membeli buah durian langsung di sentra buah durian tersebut. Apalagi disuguhi pemandang perkebunan khas pedesaan dengan berlatarbelakang Gunung Ijen,” imbuhnya.

Para pedagang buah durian rata-rata membuka lapaknya dari jam 09.00 WIB hingga berakhir jam 17.00 WIB. Kebanyakan buah durian yang dijual adalah langsung mengambil dari pohonnya, tak jarang sang para pedagang juga memiliki beberapa pohon durian sendiri.

Sedangkan untuk harga yang ditawarkan buah durian di tempat tersebut, mulai dari Rp. 10.000 per buah hingga Rp. 50.000 per buah.

Bahkan untuk jenis buah durian merah yang menjadi khas durian Banyuwangi per buahnya mencapai Rp. 450.000, karena jenis ini sangat langka dan khasiat bagi tubuh sangat melimpah, karena jenis durian merah ini endemik Banyuwangi.

Perlu diketahui Banyuwangi memang menjadi salah satu surga durian di Indonesia. Pohon durian tersebar di seluruh wilayah. Adapun daerah yang menjadi sentra durian seperti di Kecamatan Songgon, Licin, Glagah, Giri dan Kalipuro.

Loading...

There were no listings found.