BWI Selatan dan Barat Hujan Tiap Hari

0
739

wilayah-selatan-dan-barat-banyuwangi-harus-mewaspadai-genangan-air-dan-longsor


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Bulan November ini wilayah Banyuwangi sudah memasuki penghujan. Meski demikian, intensitas hujan  yang terjadi masih belum merata. Hujan setiap hari baru terjadi  di wilayah Banyuwangi selatan dan barat saja. Sementara  wilayah tengah, utara dan timur, masih belum terjadi.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Eka  Muharam Suryadi mengatakan, wilayah Banyuwangi selatan  dan barat mengalami hujan setiap hari lantaran letak topografi  daerah tersebut lebih tinggi. “Dari pantauan tim di lapangan, Kecamatan Kalibaru, Glenmore, Sempu, dan Pesanggaran  sudah setiap hari terjadi hujan,” kata Eka.

Dengan terjadinya hujan setiap hari di wilayah Banyuwangi selatan dan barat, diharapkan masyarakat meningkatkan kewaspadaan akan dampak hujan yang terjadi. Dampak adanya hujan bisa berakibat tanah longsor dan banjir.

“Untuk yang wilayah barat harus  lebih waspada pada tanah longsor. Hindari wilayah tebing saat hujan terjadi. Di wilayah selatan yang perlu diwaspadai banjir, utamanya yang berdekatan dengan sungai,” tambahnya.  Meski begitu, sejauh ini masih belum ada laporan adanya bencana akibat mulainya musim penghujan tahun ini. Hujan yang terjadi setiap hari di wilayah  selatan dan barat masih belum  terlalu ektrem terjadinya.

“Hujan  banyak terjadi sejak siang hingga malam hari. Sejauh ini belum bencana. Tapi lebih baik kita harus tetap waspada,” tandasnya. Sementara itu, untuk wilayah Banyuwangi kota, utara dan timur  diprediksi akan terjadi hujan  setiap hari di bulan Desember mendatang. Sebab, sesuai dengan prediksi Badan Meteorologi  Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bulan Desember merupakan  puncak musim penghujan.

“Potensi hujan di Banyuwangi kota hanya banjir genangan. Masyarakat harus waspada, harus mulai bersih-bersih selokan mulai  saat ini,” pungkasnya. (radar)

Loading...

Baca Juga :