Di Era Anas, Pengamat Nilai Pembangunan Banyuwangi Hampir Merata

0
409
Bupati Abdullah Azwar Anas

BANYUWANGI – Dibawah kepemimpinan Bupati Abdullah Azwar Anas, percepatan pembangunan Banyuwangi dinilai sukses. Salah satunya dengan menggandeng perguruan tinggi untuk melakukan penelitian yang hasilnya bisa bermanfaat baik bagi pemerintah daerah maupun masyarakat.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

“Bupati Anas bisa masuk ke dalam hampir semua lapisan masyarakat,” ungkap pengamat ekonomi Institut Agama Islam Darussalam Banyuwangi Lely Ana Ferawati dalam keterangan tertulis, Selasa 2 Januari 2018.

“Selain itu, dengan melalui pengelolaan Dana ZIS (Zakat, Infak, Shadaqah) yang baik, baik dari zakat profesi bagi PNS dari tingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten maupun dari masyarakat umum,” imbuhnya.

Loading...

Lely menambahkan, pendistribusian Dana ZIS bisa berupa bantuan dana produktif atau modal usaha, pemberian beasiswa bagi anak anak berprestasi namun tidak mampu. Selanjutnya pada bidang pelayanan sosial baik pada individu maupun lembaga yang sedang mengalami suatu peristiwa melalui kesehatan, sehingga kebermanfaatan Dana ZIS bisa dirasakan secara merata.

“Selain itu pula dengan semakin dipromosikannya keunikan seni dan budaya, serta wisata yang dimiliki daerah. Pembangunan dan perbaikan jalan untuk menuju daerah wisata juga dilakukan secara terus menerus, sehingga mudah dijangkau,” kata Lely.

Diketahui, Pemkab Banyuwangi melakukan percepatan pembangunan dan pemerataan infrastruktur jalan dengan skema sinergi bersama masyarakat dan dunia usaha. Skema sinergi ini terutama untuk membangun dan memperbaiki jalan dari pinggiran pedesaan.

Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, sejak 2010 pemerintah daerah setempat telah menerbitkan regulasi bantuan aspal untuk kelompok masyarakat. Tiap tahun lebih dari 1.000 drum aspal dibagikan ke masyarakat, sehingga sejak 2010 telah dibagikan lebih dari 5.000 drum aspal.

Perpaduan antara program sinergi masyarakat serta dunia usaha dan program pemerintah daerah akan semakin memperluas dan memeratakan pembangunan jalan.

“Meski belum semua wilayah terpenuhi karena Banyuwangi ini kabupaten terluas di Jawa Timur dan bahkan di Jawa. Pembangunan dilakukan secara bertahap,” paparnya.

Loading...

Baca Juga :