Dihantam Ombak, Empat Truk Terguling

0
630
Truk yang terguling di geladak KMP Pratitha IV belum dievakuasi. Tadi malam kapal bergerak menuju Ketapang.

KMP Pratitha IV Trouble Kemudi di Selat Bali

KALIPURO – Kapal Muatan Penumpang (KMP) Pratitha IV mengalami musibah di perairan Selat Bali pukul 10.30, kemarin. Kemudi kapal trouble lalu dihantam ombak. Akibatnya, kapal muatan kendaraan itu miring, empat trukdi geladak apal terguling.

“Tiidak ada korban jiwa dalam musibah di perairan sekitar 500 meter dari pelabuhan Gilimanuk tersebut. Untuk mengangkat empat truk yang terguling, KPM Pratitha IV terpaksa balik kanan ke pelabuhan Ketapang.

Loading...

Tadi malam, kapal merapat di dekat pantai  belakang Banyuwangi Beach. “Sebenarnya hendak bongkar-muat di Gilimanuk. Berhubung tidak ada alat berat, evakuasi truk yang terguling dilakukan di Ketapang,” ujar Kapolsek Keamanan Pelabuhan Tanjungwangi (KPT) AKP Sudarmaji dihubungi tadi malam.

Dijelaskan Sudarmaji, setelah mengisi muatan, kapal berangkat  dari pelabuhan Ketapang menuju Gilimanuk. Cuaca sangat cerah tidak terjadi angin maupun hujan lebat. Begitu hendak merapat ke pelabuhan (kira-kira 500 meter dari Gilimanuk), mendadak kemudi kapal bermasalah.

Sempat dilakukan perbaikan kecil, tapi kapal tetap oleng. Dalam kondisi oleng iniliah, ombak besar datang dan menghantam lambung kapal. Musibah ini mengakibatkan empat truk di dalam kapal terguling. Sehingga kapal terseret arus hingga 300 meter karena tidak mampu untuk meneruskan perjalanan ke  pelabuhan Gilimanuk.

“Kendaraan yang terguling terdiri satu truk besar, tiga ukuran sedang. Saat ini (pukul 17.00, Red), Kapal masih dalam perjalanan menuju Ketapang,” kata Sudarmaji. Humas PT. Indonesia Ferry (Persero) ASDP, Ketapang Sandi Nugroho belum bisa dikonfirmasi.

Berkali-kali dikontak via ponsel, yang bersangkutan tidak merespons. Namun, sejumlah pegawai ASDP membenarkan insiden truk terguling di atas geladak KMP Platitha IV. “Sopir dan kru kapal langsung diarahkan ke ruang ASDP Gilimanuk,” ujar seorang karyawan ASDP Ketapang.

Informasi yang diperoleh Jawa Pos Radar Banyuwangi menyebutkan, kapal nahas tersebut dinakhodai Zaelani. Jumlah muatan terdiri tujuh unit truk dan 12 unit sepeda motor. Muatan truk beragam. Ada yang mengangkut genting, kecap, kerupuk, dan gabah. Ada juga truk bernopo W 9128 US muatan ice cream. (radar)

loading...