Dua Hari Sekali Khatam Alquran

0
834
JALAN KAKI: Alm. Kiai Musayyidi bersama beberapa anaknya dalam sebuah acara beberapa waktu lalu.
JALAN KAKI: Alm. Kiai Musayyidi bersama beberapa anaknya dalam sebuah acara beberapa waktu lalu.

Semasa hidup, almarhum KH. Achmad Musayyidi dikenal tak pernah lepas dari Alquran. Baik di rumah maupun di luar rumah, dia sudah terbiasa membaca Alquran, bahkan khatam (tamat) 30 juz dalam dua hari sekali.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

-ABDUL AZIZ, Tegalsari-

BELUM diketahui secara jelas, sejak kapan Kiai Sayyidi rutin membaca dan mengkhatamkan Alquran setiap dua hari sekali. Sebab, sejak putra dan putrinya masih kecil tokoh kelahiran Kabupaten Sampang, Madura, itu sudah memiliki kebiasaan tersebut. Di tengah kesibukannya mengajar santri di kampung dan membuat jamu untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga, Kiai Sayyidi tetap tak lepas dari kebiasaannya membaca Alquran.

Bahkan, sejak anak-anaknya masih kecil, suami Siti Aisiah tersebut sudah jarang tidur malam. Malam hari, oleh Kiai Sayyidi di habiskan untuk membaca Alquran. Pro ses membuat jamu juga dilakukan malam hari. Kiai Sayyidi sering tidur pada pagi hari setelah salat Duha. “Setelah salat Subuh biasanya Abah jalan-jalan dulu, dan pulang untuk salat Dhuha.

Setelah itu, tidur sampai menjelang Du-hur,” tutur Murtasimah Zu hairo, salah satu putri almarhum. Bila sedang di rumah, rutinitas membaca Al quran itu ter kadang dilakukan di kamar di lantai dua. Tetapi, kadang Kiai Sayyidi juga membawa kitab suci di teras rumah sambil menjemur tubuh. Bila bepergian, bapak se pu luh anak ter se but biasanya membawa Alquran model perjuz, lalu dibaca dalam kendaraan di sepanjang perjalanan.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last