Dua Ibu Hamil Asal Licin Positif HIV

0
1125


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Perhatian pemerintah terhadap penyebaran virus human immunodeficiency virus infection and acquired immune deficiency syndrome (HIV/AIDS) bukan tanpa alasan. Selain fakta data kurun waktu 1999 hingga 2016 ada 40 ibu hamil yang terpapar virus tersebut. Sebaran penderitanya pun cukup merata.

Tidak terkecuali Kecamatan Licin yang berada di jalur pendakian menuju Kawah Ijen. Ada 16 kasus penderita HIV/AIDS yang berhasil dideteksi Puskesmas Licin mulai 1999 hingga 2016. Dua orang penderitanya bahkan berstatus ibu hamil. ”Ada dua orang ibu hamil yang terdeteksi dari sini,” ujar Khalid, Kepala Puskesmas Licin.

Selain ibu hamil, di sana juga tercatat empat anak-anak dengan status virus tersebut di dalam dirinya. Penyebabnya, mereka kebanyakan tertular dari pasangan dan orang tuanya. Antisipasi terhadap kemungkinan ditemukannya ibu hamil dengan virus tersebut terus dilakukan, di antaranya dengan melakukan tes darah bagi ibu hamil yang melakukan pemeriksaan.

Dari tes itu nantinya akan diambil langkah lanjutan bila ditemukan adanya virus HIV/AIDS dalam diri ibu hamil. Mereka akan dirujuk ke VCT untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. ”Kalau positif akan diberikan pengobatan dini. Dan dirujuk langsung ke VCT,” bebernya.

Penanganan sejak dini diharapkan bisa mencegah penularan dari orang tua kepada anak. Selain itu pihak Puskesmas Licin sendiri terus memberikan support agar mereka bisa disiplin dalam berobat untuk mengatasi penyakit yang dideritanya tersebut.(radar)

Loading...

Sewa Gudang 495 m2 Tebet Jakarta Selatan Primium Parkir Luas

Sewa Gudang 495 m2 Tebet Jakarta Selatan Primium Parkir Luas

Di sewakan Ruko 3,5 Lt dan Gudang Kantor dan Gudang 2 Lantai & Gudang 3 in 1 Infinia Park Jalan…
12/06/2018
Jakarta Selatan

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :