20 Persen ABK Terjangkit Sipilis

0
849

ilustrasi-vct


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

KALIPURO – Rangkaian kegiatan memperingati hari AIDS sedunia masih terus dilakukan. Hari Jumat kemarin (2/12), Komisi Penanggulangan AIDS (KPA), Dinas Kesehatan (Dinkes), dan unsur Pelabuhan Tanjung Wangi menggelar tes voluntary counseling  test (VCT) masal kepada seluruh  unsur maritim di aula Pelabuhan  Tanjung Wangi.

Tes diikuti oleh unsur maritim  di Pelabuhan Tanjung Wangi. Hadir  dalam kegiatan itu Camat Kalipuro Anacleto da Silva; Kepala Dinkes dr. Wiji Lestariono; Kepala KSOP  Tanjung Wangi, Ugan Sugiana; dan  unsur TNI/ Polri. Mereka secara sukarela mengikuti  VCT yang dilakukan oleh KPA dan Dinkes.

Selama  dua jam, ada 70 orang yang mengikuti VCT. VCT  sejatinya sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu oleh pihak KPA dan kantor Kesehatan  Pelabuhan (KKP) Tanjung Wangi.  Jika ditotal hingga saat ini sudah ada sekitar 400 sampel darah hasil  VCT yang diperoleh dari masyarakat   yang ada di dalam pelabuhan.

”Semua unsur maritim sudah diperiksa. Tapi sampai saat ini  baru ada sekitar 400 orang. Target  kita sampai 1.600 sampai akhir tahun nanti,” kata Tunggul Harwanto, Manajer Program Pencegahan HIV/AIDS Pelabuhan.  Tunggul menambahkan, dari  400 sampel yang sudah diperiksa  oleh tim KPA, masih belum ditemukan virus HIV/AIDS yang ditemukan.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last