Durian Merah dan Oranye Banyuwangi Diburu Wisatawan

0
490


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Seiring meningkatnya kunjungan wisatawan ke Banyuwangi rupanya membawa berkah tersendiri bagi sejumlah pedagang durian asal Songgon. Sejumlah wisawatan dari luar Banyuwangi mulai banyak berburu durian merah dan durian oranye asli Songgon, Senin (19/2/2018) kemarin.

“Musim durian di Songgon sudah mulai berlangsung. Hanya saja, masih belum memasuki musim puncak. Puncak musim durian di Songgon baru tiba pertengahan bulan Maret,” ujar Sibun (38) salah seorang pedagang durian dari Dusun Mangli, Desa/Kecamatan Songgon.

Meski belum memasuki musim panen raya, durian asli Songgon banyak diburu sejumlah pembeli. Terutama adalah para wisatawan domestik seperti dari Surabaya, Malang, Mojokerto, Jombang, Kediri, dan daerah lainnya. Mereka membeli oleh-oleh buah durian untuk di bawa pulang.

”Yang paling dicari adalah durian merah dan durian oranye,” ujarnya.

Durian dengan warna merah dan oranye tersebut banyak diburu karena tidak ditemui di daerah lain di Banyuwangi. Harga durian oranye juga lumayan mahal. Satu buah durian dibanderol harga Rp 90 ribu. Jika beli dua buah diberi harga khusus Rp 150 ribu.

”Harga durian orange memang mahal, karena jenisnya langka dan jarang ditemukan. Cita rasanya juga berbeda dibandingkan durian pada umumnya,” jelas Sibun.

Dalam sehari Sibun mengaku bisa menjual belasan buah durian oranye. Namun demikian, buah durian berwarna oranye tersebut sulit didapatkan. Selain jenis durian warna oranye, durian mentega, jenewer juga banyak diminati sejumlah pembeli.

“Harga durian mentega juga tidak jauh berbeda dengan durian oranye. Jika durian biasa, harganya berkisar mulai Rp 10 ribu hingga Rp 100 ribu,” jelasnya.

Produktivitas buah durian dari Songgon, jelas dia, cukup banyak pada musim panen tahun ini. Hal itu diduga dipengaruhi faktor cuaca yang cukup bersahabat dan mendukung. ”Dibanding musim panen lalu, lumayan tahun ini. Harganya juga cukup bagus,” tandasnya.

Loading...

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Halo kawan-kawan, Jasa Sewa Mobil atau Rental Mobil Banyuwangi kini sudah semakin pesat perkembangannya lho. Mulai banyak perusahaan/ usaha kecil…
05/29/2018
Banyuwangi

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :