Fasilitas Puskesmas Perlu Pembenahan

0
157

fasilitasTEGALDLIMO – Sejumlah puskesmas yang tersebar di beberapa desa di Kecamatan Tegaldlimo perlu dibenahi. Sebab, banyak fasilitas yang rusak. Tentu saja hal itu membuat pelayanan medis kurang maksimal. Puskesmas Desa Kedungwungu, misalnya. Satu unit mobil ambulans tidak layak dioperasikan. Bayangkan, semua pintu mobil milik pemerintah itu sudah rusak.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Padahal, mobil tersebut sangat penting saat kondisi emergency. Diperoleh keterangan, mobil itu mulai digunakan puskesmas setempat tahun 1992 silam. Itu pun mobil bekas. ‘’Mobil ini dulu dari Puskesmas Jajag,” ungkap kepala puskesmas setempat, Budi Kasiyono. Selain terkendala mobil, bangunan puskesmas tersebut juga rusak. Beberapa kayu pintu sudah keropos. “Ya kondisinya memang seperti ini,” ujar Budi. Kondisi yang sama juga terjadi pada bangunan Puskesmas Desa Tegaldlimo.

Loading...

Atap bangunan kantor yang berada di belakang kantor Kecamatan Tegaldlimo itu rusak. Selain itu, rumah dinas (rumdin) dokter puskesmas kondisinya cukup memprihatinkan, misalnya toilet tidak ada. Karena itu, rumdin tersebut sudah lama tidak difungsikan. Padahal, anggaran yang telah dikeluarkan mencapai puluhan juta rupiah. Selain itu, bangunan tersebut juga tidak dilengkapi pagar. Hal itu yang memicu terjadinya pencurian. Sejauh ini, empat sepeda motor melayang saat diparkir di puskesmas tersebut.

Dua motor milik pegawai dan dua lainnya milik pasien,” ungkap Kepala TU Puskesmas Desa Tegaldlimo, Seno. Kepala Puskesmas Desa Tegaldlimo Budi Kasiyono mengatakan, pihaknya sudah mengajukan proses perbaikan tahun ini melalui musrenbagcam. ‘’Sudah kita usulkan, semoga bisa dibangun. Kita memang butuh pagar,” pintanyaKetua Komisi IV DPRD Banyu wangi, Zainal Arifin Salam mengungkapkan, sumber daya manusia (SDM) para pegawai puskesmas di Kecamatan Tegal dlimo sudah siap.

Tetapi, itu perlu didukung fasilitas yang baik. “Mobil ambulans saja rusak. Padahal, ambulans itu sangat penting,” sesalnya. Oleh karena itu, pihaknya akan membantu agar segala ke kurangan yang ada di beberapa puskesmas tersebut diperbaiki. “Kita usahakan supaya segala kekurangan itu mendapat per hatian,” tandas politisi dari PKB itu saat sidak di Puskesmas Desa Tegaldlimo kemarin. (radar)

Loading...