Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Guru Bahasa Dibekali Jurnalistik

guruGIRI – Guru-guru Bahasa Indonesia mendapat pembekalan jurnalistik kemarin (21/1). Acara yang berlangsung di SMAN 1 Giri itu diikuti sekitar 300 guru Bahasa Indonesia dari berbagai sekolah di Bumi Blambangan. Uniknya, dalam acara yang dikemas Festival Jurnalistik 2013 itu, beragam kegiatan dilaksanakan. Mulai diklat jurnalistik guru Bahasa Indonesia, uji kemahiran guru Bahasa Indonesia, hingga pelatihan Jurnal Ilmiah bagi guru SMP, SMA, dan SMK.

Tidak hanya itu, dalam Festival Jurnalistik 2013 ini, Dispendik yang bekerjasama dengan Himpunan Pembina Bahasa Indonesa (HPBI) Jawa Timur itu juga melibatkan kalangan siswa dalam Festival Bahasa Indonesia. Lokasinya juga di di SMAN 1 Giri. Para siswa ini mengikuti lomba Majalah dinding, lomba baca berita, dan lomba membuat yel-yel terbaik. Sekretaris Dispendik Banyuwangi, Dwiyanto yang membuka acara mengatakan, guru Bahasa Indonesia diharapkan lebih bisa berperan dalam pengajaran dan penyampaian ilmu ke siswanya. Karena hampir seluruh penyampaian materi belajar menggunakan bahasa nasional tersebut.

 alam diklat tersebut, bertindak sebagai nara sumber adalah Drs. Yani Paryono, MPD, kepala Bidang organisasi; Prof. Dr. BambangWibisono, MPd, Kabid Diklat; dan Prof Drs. Agus Saryono. Mhum, Kabid Pengembangan Bahasa. Mereka adalah pengurus inti dari HPBI Jawa Timur. Tidak lupa, dalam Festival Jurnalistik 2013 ini juga disampaikan kurikulum terbaru 2013, peningkatan kompetensi guru bahasa Indonesia, hingga bagaimana cara peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk mengikuti S-2 Bahasa Indonesia. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE