H+6 Lebaran, Separo Pemudik Belum Kembali

0
280

Kendaraan-roda-dua-mendominasi-penumpang-kapal-pada-arus-balik-Lebaran-di-Pelabuhan-ASDP-Ketapang,-Kecamatan-Kalipuro,-Banyuwangi,-kemarin.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

KALIPURO – Hingga kemarin (13/7) suasana Pelabuhan ASDP Ketapang masih dipadati kendaraan yang menuju Pulau Bali. Kendaraan roda dua yang mendominasi kepadatan  di pelabuhan tersebut. Mobil pribadi yang sebelumnya  terpantau ramai  sudah mulai sedikit  berkurang.

Bahkan, sejak  pagi hingga sore kemarin nyaris tidak ada antrean mobil di Pelabuhan Ketapang. Berdasar data harian yang dirilis PT. Indonesia Ferry (Persero) ASDP Ketapang hingga pukul 08.00  kemarin, jumlah kendaraan roda  dua yang menyeberang menuju  Pulau Bali melalui Pelabuhan Ketapang  terbilang cukup tinggi.

Sebanyak 7.839 motor tercatat sudah  meninggalkan Jawa sehari kemarin.  Mobil pribadi yang sebelumnya jumlahnya hampir sama dengan roda dua, saat ini sudah mulai  menurun. Seharian kemarin hanya  tercatat 5.330 unit mobil yang  menyeberang menuju Pulau Bali.

Sementara itu, jumlah penumpang  yang menuju Pulau Bali tercatat masih sangat tinggi, yakni  mencapai 46.320 orang. Banyaknya pemudik yang mulai balik ke Pulau Bali itu tentu berbeda dengan kondisi di Pelabuhan Gilimanuk.

Saat arus balik Lebaran terjadi, jumlah penumpang yang menuju Pulau Jawa dari Gilimanuk tercatat sangat sedikit. Hanya ada 28.046 penumpang, 1.540 unit kendaraan roda dua, dan 4.119 unit mobil, yang menyeberang menuju Pulau Jawa.

Kendaraan roda empat yang  menuju Pulau Jawa saat arus balik  Lebaran itu diprediksi merupakan kendaraan para pelancong yang merayakan libur Lebaran di Pulau  Dewata. Manajer Usaha PT. Indonesia Ferry (Persero) ASDP Ketapang,  Wahyudi Susianto, mengatakan  suasana Pelabuhan Ketapang terpantau ramai lancar.

Berdasar data arus mudik, jumlah penumpang dan kendaraan belum semua kembali ke Pulau Bali. Wahyudi menyebutkan, berdasar data arus mudik lalu jumlah penumpang yang telah diseberangkan ke Pulau Jawa sekitar 533.045  orang.

Hingga kemarin warga yang  sudah balik ke Bali sekitar 219.182  orang. Jika dipersentase, berarti  masih sekitar 41 persen pemudik yang kembali ke Pulau Bali. Kendaraan roda dua juga demikian. Berdasar data arus mudik,  tercatat ada 108.978 kendaraan yang telah diseberangkan menuju  Jawa.

Namun, sampai H+6 Lebaran kemarin baru 33.690 unit roda dua yang meninggalkan Pulau  Jawa melalui Pelabuhan Ketapang.  Dibandingkan data arus mudik  Lebaran sebelumnya, kendaraan  roda empat juga belum sepenuhnya kembali ke Pulau Bali hingga H+6  Lebaran kemarin.

Pada arus mudik Lebaran lalu sekitar 62.451 kendaraan  roda empat yang diseberangkan dari Bali menuju Pulau Jawa. Sementara itu, hingga kemarin masih sekitar 25.333 unit roda empat yang menyeberang kembali ke Pulau Bali.

”Mobil pribadi juga masih belum 100 persen balik ke Bali. Dalam hitung-hitungan saya baru 41 persen yang balik ke Bali,” jelas Wahyudi kepada Jawa Pos Radar Banyuwangi. Berdasar data yang tercatat itu,  dia memprediksi arus balik Lebaran 2016 masih terus berlangsung cukup  lama, yakni sampai Minggu (17/7).

”Kendaraan masih ramai lancar,  didominasi sepeda motor. Sekarang  sudah tidak lagi terjadi penumpukan kendaraan. Prediksi arus balik terus berlangsung sampai akhir pekan ini. Truk non-sembako sudah boleh melintas hari ini (kemarin),” pungkasnya. (radar)

Loading...

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Halo kawan-kawan, Jasa Sewa Mobil atau Rental Mobil Banyuwangi kini sudah semakin pesat perkembangannya lho. Mulai banyak perusahaan/ usaha kecil…
05/29/2018
Banyuwangi

Baca Juga :