Masuk Feri, Kendaraan Wajib Diikat Lima

0
779
Menhub Budi Karya Sumadi saat mengecek kesiapan transportasi di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi.

Sidak 15 Menit Menhub di Pelabuhan Ketapang

KALIPURO – Menteri Perhubungan Republik lndonesia (Menhub RI) Budi Karya Sumadi berkunjung ke Pelabuhan ASDP Ketapang tadi malam (17/6). Menhub Budi Karya Sumadi didampingi Dirut PT ASDP, Faiq Fahmi melihat langsung kesiapan Pelabuhan Ketapang dalam kegiatan mudik Lebaran tahun ini.

Loading...

Rombongan Menhub memasuki areal Pelabuhan Ketapang sekitar 18.30. Begitu datang, Menhub Budi langsung mengecek kondisi Kapal Motor Penumpang (KMP) Dewana Dharma yang sedang sandar dermaga MB2 Pelabuhan Ketapang. Yang pertama dilakukan adalah menyapa penumpang.

Kemudian, Menhub langsung turun geladak tempat kendaraan yang menyeberang. Menteri langsung mengecek kondisi kendaraan yang akan menyeberang. Karena ada ketentuan, setiap kendaraan wajib diikat dengan sabuk pengikat kendaraan di lantai geladak.

Proses lasing (pengikatan kendaraan) ini jadi perhatian Kemenhub karena menyangkut keselamatan dalam penyeberangan. Menhub juga melihat ada lasing yang belum standar. “Harusnya setiap kendaraan dilasing lima ikatan. Saya melihat masih ada yang dilasing empat ikatan, ada juga yang hanya tiga ikatan. Seharusnya semua standar,” ujarnya.

Menhub mengingatkan agar pengelola pelabuhan penyeberangan bertindak tegas dalam urusan lasing kendaraan di kapal. Meski hanya berkunjung 15 menit di Pelabuhan Ketapang, Menhub mewarning agar persoalan keselamatan pelayaran selalu diutamakan.

“Saya ingatkan juga agar pemudik berhati-hati dalam perjalanan,” ujarnya. Selanjutnya menhub Budi Karya Sumadi melanjutkan kembali perjalanan menuju bandara Blimbing Sari. (radar)

loading...