Harapan Baru dari Pabrik Santen

0
689

PEMKAB Banyuwangi masih merahasiakan investor yang akan membangun pabrik santen (santan kelapa) berskala besar di Bumi Blambangan. Bulan depan, proses perizinan pabrik santen itu masih akan diproses.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Publik kabupaten yang memiliki tagline ‘Sunrise of Java’ ini tentu berharap, rencana pembangunan pabrik itu bukan hanya retorika. Masyarakat berharap, pabrik santen yang bisa menyerap banyak tenaga kerja itu benar-benar terwujud. Saat ini, investor tersebut kabarnya sudah mulai membebaskan lahan lokasi pabriknya.

Investor itu memilih Bumi Blambangan karena akses pelabuhan Tanjung Wangi dirasakan sangat mendukung. Ini lantaran bahan baku kelapa tersebut didatangkan dari luar Pulau Jawa. Selain manfaat ekonomi berupa penyerapan tenaga kerja dalam jumlah besar, pabrik santen itu diharapkan juga membawa dampak positif lainnya di bidang pertanian dan perkebunan. Logikanya, pabrik santen membutuhkan pasokan buah kelapa dalam jumlah besar.

Suatu ketika, pasokan bahan baku kelapa dari luar Jawa itu mungkin saja tak selamanya lancar. Ini tentu akan jadi peluang besar bagi petani lokal. Dengan adanya pasar (penampung) yang jelas, petani kelapa tak akan kebingungan lagi. Sebab, aktivitas pabrik secara tidak langsung akan mengontrol harga buah kelapa menjadi lebih stabil.

Loading...

Padahal faktanya selama ini, harga kelapa di Bumi Blambangan sering membuat petani frustrasi. Mereka akhirnya lebih memilih memetik janurnya daripada memetik kelapa. Karena keuntungan yang diraup lebih besar dengan menjual janur.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2