Jelang Lebaran, Tangkapan Ikan Nelayan Muncar Melimpah

  • Bagikan
ILUSTRASI

MUNCAR – Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung jari. Para nelayan di Muncar, kini juga bisa sedikit lega karena hasil tangkapan mulai banyak. Hanya saja, itu masih belum mencukupi permintaan yang meningkat.

Para pedagang ikan, masih banyak yang berebut ikan dari nelayan yang baru datang dari melaut. “Ikan ini milik pedagang, sejak pagi menunggu baru dapat ini,” cetus Ganjur, 50, salah satu buruh angkut ikan di Pelabuhan Brak Kalimoro, kemarin (5/6).

Menurut Ganjur, para pedagang ikan banyak yang tidak turun ke pelabuhan. Mereka mempercayakan pada buruh angkut ikan untuk mengantar ke lokasi yang dituju. Tapi bila pedagang belum dapat ikan, maka akan turun sendiri ke pelabuhan.

“Ada yang datang bersama manol juga, itu kalau pedagangnya belum dapat ikan,” cetus warga Dusun Stoplas, Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar.

Salah satu pedagang ikan, Laini, 38, menyampaikan hasil tangkapan ikan akhir-akhir ini cukup melimpah. Tapi, ikan hasil tangkapan itu belum memenuhi kebutuhan pasar. “Beberapa perusahaan ikan belum operasi, selain itu banyak pedagang yang masih belum kebagian ikan,” ungkap perempuan asal Desa Kedungrejo itu.

Menurut Laini, sejumlah perusahaan besar hingga kini banyak yang masih mendatangkan ikan dari sejumlah daerah lain. Sedang para pedagang, harus tetap mengandalkan hasil tangkapan nelayan lokal.

“Kadang-kadang untuk pedagang yang keliling di kampung-kampung itu tidak kebagian, makanya belum memenuhi permintaan,” ungkapnya.

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: