Tinggi Ombak Capai 3 Meter, Nelayan Muncar Tak Berani Melaut

0
237


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Ombak besar tidak hanya di Laut Selatan. Di daerah perairan Muncar, keting­gian ombak masih mencapai tiga meter. Dengan cuaca yang tidak bersahabat itu, para nelayan juga banyak yang tidak melaut.

Salah satu nelayan, Abdurrah­man, 54, asal Kampung Satelit, Dusun Palurejo, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, mengatakan ombak besar itu mulai terjadi sepekan lalu. Karena ombak besar, nelayan tidak ada yang berani melaut.

“Selain anginnya kencang, dua hari ini juga mendung. Banyak nelayan yang tidak melaut karena khawatir. Di tengah laut ombaknya mencapai tiga meter. Saya memilih tidak bekerja,” katanya.

Menurut Abdurrahman, saat ombak besar seperti ini sebenarnya banyak ikan tongkol, terutama di sekitar Selatan Bali. “Sekarang ini banyak tongkol, tetapi karena cuacanya buruk nelayan juga takut bekerja,” cetusnya.

Angin kencang itu, terang Hamidi, 48, nelayan lainnya, biasa terjadi pada awal Juli hingga akhir Agustus nanti. Angin kencang tidak selalu membuat ombak menjadi besar.

“Hampir setiap Agustus itu angin kencang dan ombak besar. Bahkan ada nelayan yang sudah tidak melaut sejak sebulan lalu,” jelasnya.

Sementara itu, Pokmaswas Rani TPI Satelit, Tukimin membenarkan terjadinya cuaca buruk. Menu­rutnya, ombak besar yang terjadi bisa mencapai tiga meter di selat Bali.

“Berdasar data dari Badan Me­teorologi Klimatologi dan Geofisika, rata-rata ketinggian gelombang di selat Bali sekitar 2,5 meter, dan bisa mencapai tiga meter. Di selatan Pulau Jawa dan Bali bisa mencapai empat meter lebih,” bebernya.

Dengan adanya gelombang besar tersebut, pihaknya meng­imbau agar nelayan tidak memaksa untuk melaut. Berdasar prakiraan cuaca dari BMKG, gelombang ting­gi akan terus berlangsung sampai Agustus mendatang.

“Ne­layan sebaiknya pro aktif mengikuti perkembangan cuaca, kalau sudah di tengah laut dan tiba-tiba cuaca buruk, segera mencari tempat yang aman,” sarannya.

Loading...

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

"JUAL KAYU MERANTE-KAMPER-BORNEO-DLL.ASAL SUMATRA" "UKURAN KAYU BORNEO" 1).KAYU BORNEO RENG RENG: 3 x 4 x 400 cm = Rp. 2.000.000…
10/22/2018
jakarta

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :