Jelang Ramadhan, Nelayan Muncar Sepi Tangkapan Ikan

0
218
Kapal dan perahu milik nelayan Muncar bersandar di Pelabuhan Muncar, Jumat (11/5/2018) kemarin.

MUNCAR – Menjelang Ramadhan, ikan hasil tangkapan nelayan yang tinggal di pesisir Pantai Muncar masih sepi. Kini para nelayan memilih memarkir perahu dan kapalnya di pelabuhan, Jumat (11/5/2018) kemarin.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Akibat hasil tangkapan yang sepi itu, para nelayan banyak yang tidak bekerja. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, mereka banyak yang hutang pada tetangga. Bahkan, ada yang mulai menggadaikan dan menjual barang perabotan rumah tangga.

“Nelayan bingung, hasil tangkapan sepi,” terang Sukari, 60, salah seorang nelayan asal Dusun Palurejo, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar.

Loading...

Menurut Sukari, para nelayan itu penghasilannya hanya mencari ikan di laut. Bila ikan menghilang seperti saat ini, maka banyak nelayan tidak memiliki pendapatan. “Untuk hidup, terpaksa saya jual tabung gas elpiji,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Buadi, 49. Nelayan asal Dusun Palurejo, Desa Tembokrejo, ini menyampaikan sejak upacara ritual petik laut delapan bulan lalu, di perairan Muncar dan Selat Bali sepi ikan. Hampir separo lebih dari nelayan di Muncar tidak ada yang bekerja melaut. “Selain ikan masih belum muncul, cuaca juga kurang mendukung,” ujarnya.

Padahal dari hitungan, jelas dia, harusnya pada Desember sudah memasuki musim ikan. Dan biasanya tangkapan nelayan melimpah.

“Sampai sekarang masih sepi, biasanya kalau hujan banyak ikan, tapi sekarang juga tetap sepi,” terang bapak dua anak tersebut.

Saat menjelang Natal dan tahun baru, para nelayan juga banyak yang kebingungan. Apalagi, menjelang akhir tahun itu permintaan ikan laut melonjak drastis.

“Mau gimana lagi, terpaksa jual barang berharga, dan apa yang bisa dijual untuk menyambung hidup,” tandasnya.

Loading...

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Yuk gan segera order Rack Server DATEUP RACK PERTAMA DAN SATU SATU NYA DI INDONESIA Dengan desain yang sangat bagus…
08/21/2018
Surabaya

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :