Jelang Pemilu 2019, TNI AL Tingkatkan Patroli hingga Standby-kan KRI di Selat Bali

0
267
Foto: banyuwangitimes

BANYUWANGI – TNI Angkatan Laut (TNI AL) meningkatkan intensitas patroli di Selat Bali khususnya di jalur penyeberangan Ketapang-Gilimanuk jelang pelaksanaan pemilu serentak yang akan digelar pada 17 April mendatang.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

TNI AL meningkatkan intensitas patroli di Selat Bali untuk mencegah munculnya potensi kerawanan yang ada di Selat Bali sekaligus memberikan rasa aman bagi masyarakat.

Dilansir dari banyuwangitimes, sejumlah alutsista (alat utama sistem persenjataan) diterjunkan untuk memperkuat pengamanan. Sementara untuk kegiatan patroli, diterjunkan personel bersenjata lengkap dengan menggunakan kapal Patkamla Baluran dan perahu karet milik TNI AL.

“Ada Patkamla, KAL dan ada KRI yang stand by di Selat Bali,” kata Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal, Senin (15/4/2019).

“Peningkatan patroli dilakukan mulai H-8 sampai H+8 pelaksanaan Pemilu,” imbuhnya.

Danlanal menambahkan, Kapal Patkamla Baluran dan perahu karet akan secara rutin melakukan patroli dan mengawasi pelayaran di Selat Bali.

“Pengetatan pengawasan dilakukan khususnya pada kapal penyeberangan. Sebab, menjelang Pemilu 17 April mendatang, banyak penduduk yang bekerja di Bali pulang ke Jawa untuk mencoblos,” kata Danlanal.

“Kami tidak ingin ada oknum yang memanfaatkan banyaknya warga yang menyeberang ke Jawa untuk menyelundupkan minuman keras ataupun narkoba. Makanya kami tingkatkan lagi patroli dan sweeping mulai dari Gilimanuk, Bali, saat di atas kapal maupun saat tiba di Pelabuhan ketapang,” tegasnya.

Sebagai penghubung Jawa dengan Bali, Selat Bali, memiliki beberapa potensi kerawanan. Selain minuman keras ada juga penyelundupan narkoba.

Danlanal menegaskan, TNI dan Polri melaksanakan pengamanan Pemilu dengan tujuan memberikan rasa nyaman dan aman kepada seluruh masyarakat.

“Tujuan pokoknya adalah memberikan rasa nyaman dan aman kepada seluruh masyarakat yang akan menyalurkan aspirasinya dalam pemilu, pilpres dan legislatif 2019,” pungkasnya.

Loading...

[AWPCPRANDOMLISTINGS limit=1]