Beranda Hukum Jualan Minol Sembarangan Bisa Dipenjara 3 Bulan

Jualan Minol Sembarangan Bisa Dipenjara 3 Bulan

0
479

BANYUWANGI – Ini peringatan bagi penjual minuman beralkohol (minol) di Banyuwangi agar tidak sembarangan melayani pembeli. Mereka harus lebih selektif melayani konsumen minuman memabukkan tersebut.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Salah satu syarat yang harus dipatuhi adalah, penjual hanya boleh melayani pembeli yang telah berusia 21 tahun atau lebih. Jika nekat menjual minol kepada warga yang belum berusi 21 tahun, sanksi berat sudah menanti. Penjual minal nakal itu terancam kurungan paling lama tiga bulan dan atau denda maksimal Rp 3 juta.

Peraturan terkait penjualan dan peredaran minol di Bumi Blambangan itu sudah disahkan DPRD Banyuwangi kemarin (5/11). Peraturan tersebut tertuang dalam perda tentang pengawasan, pengendalian, peredaran, dan penjualan minol.

Bukan hanya mengatur batasan umur penjualan minol, peraturan yang merupakan perubahan Perda Banyuwangi Nomor 4 Tahun 2007 itu juga mengakomodasi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 6/ M-DAG/ PER/1/ 2015 tentang perubahan kedua Permendag Nomor 20/ M-DAG/ PER/4/ 2014 tentang pengadaan, peredaran, dan penjualan minol.

Permendag tersebut diakomodasi dengan memasukkan klausul supermarket dan hypermarket diperbolehkan menjual minol golongan A (kadar alkohol  di bawah 5 persen). Hanya saja, supermarket dan hypermarket tersebut harus menempatkan minol pada tempat khusus yang tertutup pintu kaca transparan dan terkunci serta ada petugas khusus.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

error: Uppss.......!