Jumlah Peserta Naik 3 Kali Lipat

0
390

BANYUWANGI – Peserta Banyuwangi Ethno Carnival(BEC) tahun 2012 meningkat tiga kali lipat dibanding tahun 2011 lalu. Peserta tahun lalu hanya sekitar 60 orang, dan tahun ini meningkat menjadi 165 orang. Jumlah itu merupakan peserta yang lolos audisi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Tahun ini, peserta yang mengikuti audisi mencapai 250 orang. Namun, yang lolos hanya 150 orang. Sejumlah peserta yang lolos audisi itu akan ditambah peserta terbaik BEC ta hun 2011 lalu. “Jumlah total pe serta BEC 2012 mencapai 165 orang,” ungkap Kepala Dinas Ke budayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi, Suprayogi.

Menurut Suprayogi, jumlah calon peserta audisi BEC kali ini sebenarnya lebih dari 250 orang. Namun, yang memenuhi syarat mengikuti audisi hanya 250 orang. Penetapan 150 peserta BEC itu sudah final. Mereka sudah diseleksi secara ke tat oleh tim. Selain harus me miliki kemampuan, peserta juga harus sanggup mengikuti ketentuan yang ditetapkan pem kab. Tahun 2012, pemkab menetapkan tiga syarat mutlak se bagai syarat lolos audisi.

Pertama, peserta menyatakan sang gup menjadi duta wisata Banyuwangi. Kedua, peserta wajib mengikuti proses pendidikan ya ng dilaksanakan pemerinah daerah sebelum BEC dilaksana kan. Ketiga, peserta menyatakan sanggup mem biayai sendiri seluruh ke butuhan kostum saat BEC di lak sanakan. “Itu merupakan syarat akhir setelah melalui proses seleksi pengetahuan dan bakat,” jelasnya.

Calon yang menyatakan sang gup terhadap tiga syarat itu, dia akan diloloskan men jadi peserta BEC. Yang tidak sang gup, dengan sangat terpaksa di gugurkan alias tidak lolos. “Se banyak 150 orang yang lolos audisi itu sudah menyepakati tiga syarat itu. Itu dibuktikan dengan surat pernyataan yang diketahui orang tua masing-masing,” katanya. Ratusan calon peserta BEC itu mendapat brifingdari tim pemkab di Pelinggihan Disbudpar Banyuwangi kemarin (4/9).

Asisten Sekkab Bidang Administrasi Perekonomian dan Kesra, Suhartoyo, berke sempatan menyampaikan pem bekalan pada ratusan calon duta wisata itu. Rencananya, calon peserta akan mengikuti pendidikan mulai 12 September 2012 mendatang. Selama mengikuti proses pendidikan, seluruh peserta akan dikarantina di Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Kementerian Ke lautan dan Perikanan di Desa Bangsring, Kecamatan Wong sorejo.

Mereka akan me-ngikuti pendidikan hingga 28 September 2012 mendatang. Dalam brifingitu, panitia menyampaikan beberapa fasilitas yang akan diterima peserta selama mengikuti pendidikan. Pelaksanaan pendidikan peserta BEC 2012 jauh berbeda dengan peserta BEC tahun 2011. Tahun lalu, konsumsi yang di berikan kepada peserta hanya nasi kotak.

Tahun 2012, semua peserta akan dimanjakan dengan makanan prasmanan. “Di ruang asrama selama pendidikan juga disediakan AC,” ujar seorang panitia. Tidak hanya itu, dana stimu-lus untuk menyediakan kos tum juga jauh lebih besar. Ta hun ini pemerintah daerah me-nyediakan dana stimulus Rp 350 ribu untuk tiap peserta. Pe serta BEC 2011 lalu hanya di sediakan dana stimulus Rp 100 ribu per peserta. “Bantuan stimulus itu dianggarkan dalam PAK APBD 2012. Semoga dapat persetujuan DPRD,” harap Kadisbudpar Suprayogi. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :