Kawah Ijen Dibuka, Wisatawan Luar Banyuwangi Wajib Lampirkan Hasil Rapid Test

0
148

BANYUWANGI – Jalur pendakian Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen akan dibuka mulai Sabtu (11/7/2020). Namun, bagi wisatawan dari luar Kabupaten Banyuwangi wajib menunjukkan hasil rapid test non reaktif.

Dilansir dari TIMES Banyuwangi, meski demikian, bagi wisatawan lokal tetap diwajibkan mematuhi protokol standar pencegahan penularan COVID-19. Seperti wajib masker atau face shield, menjaga jarak dan tidak bersentuhan.

“Jadi untuk wisatawan dari luar daerah harus membawa hasil rapid test nonreaktif. Ini sebagai langkah kita untuk mencegah penularan virus, khususnya bagi mereka yang berasal dari zona merah,” kata juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Banyuwangi, dr. Widji Lestariono, Jumat (10/7/2020) kemarin.

Plt Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banyuwangi, Ainur Rofiq membenarkan hal tersebut. Berdasarkan hasil verifikasi Gugus Tugas COVID-19, Kawah Ijen dinyatakan sudah memenuhi protokol kesehatan pencegahan penularan corona virus.

“Kita sudah melakukan verifikasi sebanyak dua kali. Verifikasi terakhir, dinyatakan sudah memenuhi syarat protokol kesehatan sesuai SOP yang ditetapkan Pemkab Banyuwangi,” kata Ainur Rofiq.

Diakui Rofiq, memang proses pembukaan jalur pendakian Kawah Ijen membutuhkan cukup waktu. Mengingat, salah satu ikon wisata unggulan di Indonesia ini tepat berada di perbatasan Banyuwangi-Bondowoso.

Meski dibuka untuk umum, pengelola TWA Kawah Ijen tetap memberlakukan pembatasan bagi wisatawan yang hendak melakukan pendakian. Dalam sehari, hanya 450 wisatawan saja yang bisa mendaki.

“Sudah kita buka secara regular. Untuk kuota pendakian tetap kita bagi dua gelombang. Setiap gelombang maksimal 225 pendaki. Secara bertahap kalau dinilai sudah aman dari resiko Covid-19, kuota bisa bertambah,” kata Kepala Pos TWA Kawah Ijen, Sigit Haribowo.

Sigit memastikan, Kawah Ijen sudah memenuhi seluruh persyaratan protokol kesehatan. Mulai dari warung sudah dilengkapi sejumlah fasilitas. Seperti tempat cuci tangan, pembatas kasir, serta penerapan jaga jarak di kursi konsumen.

“Seluruh petugas di TWA Kawah Ijen juga saat ini menjalani rapid test, untuk memastikan mereka terbebas dari Covid-19,” kata Sigit.

Sebelum mendaki, pastikan bagi seluruh wisatawan Kawah Ijen, baik dari dalam maupun luar Kabupaten Banyuwangi, sudah memesan tiket secara online. Tiket dapat dipesan dengan aman melalui link https://ijenbluefire.bbksdajatim.org.