Kopaska Lumpuhkan Teroris

0
537

kopaska-lumpuhkan-teroris


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

KALIPURO – Simulasi penanganan teroris oleh Komando Pasukan Katak (Kopaska) dari Armada RI Kawasan Timur (Armatim) dan Armada RI Kawasan Barat (Armabar) digelar di dua objek vital di Banyuwangi Selasa (4/10) kemarin, yakni  Depo Pertamina dan Pelabuhan ASDP   Ketapang.

Dalam simulasi itu diceritakan bahwa ada beberapa teroris yang menguasai dua objek vital di Bumi Blambangan tersebut. Bahkan, ada beberapa teroris yang berhasil membajak satu  kapal yang hendak menuju Bali. Rencananya kapal itu akan digunakan teroris menuju Bali  untuk melancarkan aksi di Pulau   Dewata.

Nah, mengetahui hal itu, beberapa pasukan Kopaska langsung bergerak. Pasukan bersenjata langsung  mengepung pelabuhan dari darat,  laut, dan udara. Dalam sekejap  Kopaska berhasil membebaskan para sandera. Helikopter milik  TNI AL terus mengitari langit Depo Pertamina dan Pelabuhan ASDP Ketapang.

Sesekali heli kopter yang terbang rendah itu menurunkan pasukan di dua lokasi yang dikuasai para teroris tersebut. Tak sampai satu jam personel Kopaska bisa menguasai dua objek vital milik negara tersebut. Bahkan, mereka juga berhasil membekuk dan melumpuhkan para teroris yang berencana akan melakukan aksi kejahatan tersebut.

Para  sandera juga dibebaskan. Bom yang diletakkan di beberapa titik di dua objek vital tersebut berhasil dijinakkan pasukan elite TNI AL tersebut. Tidak  hanya latihan penangkapan teroris dan pembebasan sandera, latihan pengamanan aksi unjuk rasa digelar pula oleh TNI AL  dari Lanal Banyuwangi di Pelabuhan ASDP Ketapang kemarin.

Danlanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Wahyu Endriawan, mengatakan simulasi penanganan teroris dan pembebasan sandera yang dilakukan Kopaska di Banyuwangi itu hanya latihan rutin pasukan elite TNI AL. Dipilihnya Banyuwangi sebagai  tempat latihan Kopaska disebabkan letak kabupaten ini yang   berdekatan dengan Pulau Bali dan sangat strategis.

”Pintu masuk menuju etalase pariwisata Indonesia, yakni Bali, ya Pelabuhan  ASDP Ketapang. Maka dari itu, latihan rutin Kopaska digelar di  Banyuwangi karena memang  lokasinya sangat strategis,” kata Wahyu.(radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :