Bulusan-Gilimanuk Cukup 12,5 Menit

0
765

Adu Cepat Perahu Layar Jawa-Bali


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

KALIPURO – Setelah tiga tahun vakum, lomba, balap perahu layar di Pantai Bulusan, Kecamatan  Bulusan, Kecamatan Kalipuro, kembali digelar Minggu (3/8) kemarin sejak pukul (1800. Balap perahu layar yang bertajuk Arung Banyuwangi-Bali (Arubaba) itu diikuti beberapa perahu layar nelayan Bulusan dan Gilimanuk, Bali.

Dalam lomba balap perahu itu, perahu-perahu layar nelayan beradu cepat dari Pantai Balasan menuju Gilimanuk, Bali, dan kembali finis di Pantai Bulusan. Uniknya,” balap perahu layar nelayan itu hanya mengandalkan kecepatan angin diselat Bali dan tentu mengandalkan keahlian sang joki perahu layar itu agar finid terdepan.

Jarak yang harus ditempuh para pembalap perahu layar itu kurang-lebih sekitar mil 7 mil perjalanan laut. Meski mengarungi selat Bali dengan jarak begitu jauh, perahu-perahu layar nelayan itu bisa kembali ke finisf di Pantai Bulusan hanya dalam waku sekitar 25 menit.

Ketapang-Gilimanuk hanya butuh waktu 12,5 menit. Perahu yang finis paling depan adalah pemenangnya. Ini hanya mengandalkan kecepatan angin dan keahlian joki, Kecepatan perahu bisa mencapai 20 knot,” kata sekretaris panitia, Muhammad Husen.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last