Lahan Perhutani Seluas 10 Ha Ludes

0
559

Kebakaran Hutan di Lereng Gunung Merapi


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

KALIPURO – Kebakaran yang terjadi di kawasan hutan lindung lereng Gunung Merapi, Kecamatan Kalipuro, sudah berhenti. Padamnya api yang membakar hutan lindung tersebut diakibatkan bahan bakar pemicu kebakaran di lereng Gunung Merapi itu telah habis.

Pihak Perhutani Banyuwangi Utara menyebut, total lahan yang terbakar dalam kobaran itu mencapai 10 hektare. Kepala Bidang (Kabid) kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Eka Muharam Suryadi, memastikan kebakaran yang terjadi di lereng Gunung Merapi sudah padam sejak Minggu (25/10) beberapa hari lalu.

Padamnya api di lereng Gunung Merapi itu karena ilalang kering yang menjadi pemicu utama kebakaran benar-benar habis. “Api sudah padam, asapnya juga langsung hilang. Yang terbakar ini lahan kering jadi asap juga cepat hilang,” terang Eka.

Padamnya api di lereng Gunung Merapi itu selain karena bahan bakar pemicu kebakaran, ilalang kering sudah habis juga karena terbantu penyekatan lahan yang dilakukan pihak Perhutani. Penyekatan itu menyebabkan api tidak menjalar lebih jauh dan mendekati pemukiman warga.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last