Lapangan Panjen Jadi Lokasi Evakuasi

0
913

“Rambu-rambu evakuasi harus sudah terpasang semua,” ungkapnya. Kepala BPBD Banyuwangi, Kusiyadi, mengatakan untuk antisipasi kemungkinan terburuk dari Gunung Raung, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan, yakni menyiagakan dan mendekatkan tenda, masker, serta segala sarana yang dibutuhkan warga.

Loading...

“Tapi kondisi Gunung Raung masih belum membahayakan, tapi kita sudah koordinasi dengan TNI,  Polri, dan para relawan,” katanya. Camat Sempu, Ahmad Kholid Askandar, mengaku sudah melakukan serangkaian sosialisasi kepada kepala desa  dan kepala dusun.

Untuk sosialisasi itu, pihaknya mengundang seluruh kepala desa, kepala dusun, babinsa dan babinkamtibmas yang ada di Kecamatan Sempu. “Dari sembilan desa di  Kecamatan Sempu, yang terdampak ada lima desa,” ungkapnya.

Kelima desa yang terdampak letusan Gunung Raung itu, meliputi Desa Jambewangi, Temuguruh, Temuasri, Tegalarum, dan  Sempu. Dari lima desa tersebut, Desa Jambewangi yang berada di urutan teratas rawan bencana. “Paling dekat  dengan puncak Raung ya Kampung Brakseng, Dusun Sidomulyo, Desa Jambewangi,” cetusnya.

Sementara itu, Kepala Desa Jambewangi, Suprayitno, mengaku sudah sering melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat,  terutama yang berada di radius 10 kilometer dari puncak Gunung  Raung. Sosialisasi yang dilakukan itu meliputi penggunaan tanda kentungan bila ada bencana dan titik kumpul.

Lanjutkan Membaca : First | ← Previous | 1 |2 | 3 | Next → | Last