Lewati Medan Ekstrem, Sering Dapat Rezeki Tidak Terduga

0
254

Petugas-UPZ-Kecamatan-Sempu-harus-melewati-sawah-untuk-menyalurkan-zakat,-infak,-dan-sedekah,-kepada-mustahik,-kemarin


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

CUACA di siang itu cukup bersahabat, tidak turun hujan dan sinar matahari juga terasa panas. Udara di wilayah Kecamatan Sempu yang banyak dipenuhi  pepohonan terasa sejuk dan segar. Sebuah mobil pribadi warna hitam, berhenti di  tepi jalan terjal Dusun Alas Kobong,  Desa Temuguruh, Kecamatan Sempu.

Tiga orang berbaju putih dengan kombinasi hijau keluar dari pintu mobil tersebut. Selanjutnya, dua lelaki dan satu perempuan itu membuka pintu belakang mobil. Mereka mengambil satu persatu paket bingkisan di mobil  itu. Bingkisan itu berisi mi instan, telur, gula, dan lain.

Sambil membawa bingkisan itu, mereka berjalan melewati jalan pematang sawah menuju ke salah satu rumah duafa yang akan disantuni. Tidak jarang, jalan yang  dilewati itu penuh lumpur, menyeberangi sungai, menuruni jurang yang cukup curam, dan jalan perkebunan di tengah  hutan.

“Kami harus sampai ke lokasi  dengan cepat, dan memastikan kondisi  kesehatan para duafa,” ujar Ery Dwi Lestari, 28, salah seorang petugas UPZ Kecamatan Sempu. Petugas UPZ di kecamatan itu tidak  hanya sekedar bertugas mendistribusikan bingkisan paket sembako kepada para duafa. Tapi harus mengumpulkan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) dengan cara menjemput dari para muzaki di beberapa kantor instansi, lembaga, dan perorangan.

“Ada juga yang mengantarkan ke kantor UPZ di kecamatan,” jelasnya. Sejak mendapatkan surat keputusan (SK) dari Baznas Banyuwangi Januari 2016,  Ery bersama tiga anggota UPZ lainnya langsung kerja dengan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menyalurkan zakat, infak, dan sedekahnya ke UPZ selaku kepanjangan tangan Baznas.

Caranya, sosialisasi langsung kantor, instansi, dan lembaga hingga ke desa-desa. Untuk menggugah kesadaran para dermawan dan masyarakat agar lebih  peduli dengan menyalurkan ZIS itu, UPZ Kecamatan Sempu mempunyai cara tersendiri.

Salah satunya merangkul kepala desa dan perwakilan perangkat desa mulai  ketua rukun tetangga (RT), ketua rukun  warga (RW), dan kepala dusun untuk turut menyaksikan pendistribusian  bingkisan paket sembako pada para duafa.

Dengan cara seperti itu, masyarakat akan lebih yakin dalam memberikan ZIS kepada UPZ. Mereka bisa melihat sendiri, seluruh hasil ZIS yang terkumpul  akan dibagikan pada para mustahik atau yang berhak menerima di desa dan kecamatan masing-masing.

Tidak hanya  itu, pihak desa juga akan merasakan  kehadiran Baznas melalui UPZ, dan  akhirnya terjalin komunikasi yang baik  antara UPZ dengan pemerintah desa. “Justru kami malah sering mendapatkan masukkan dan saran dari warga dan   pemerintah desa, seperti warga miskin,” ungkapnya.

Sehingga keberadaan petugas UPZ itu seperti relawan. Misalnya, saat warga miskin yang diusulkan warga itu mengalami sakit kronis dan harus mendapatkan penanganan medis, petugas UPZ segera koordinasi dengan instansi terkait mulai Puskesmas hingga pihak  kecamatan untuk ikut membantu  mengurus keperluan administrasi.

“Sering  kita memantau gakin yang sakit hingga sehat lagi,” cetusnya. Tugas mulia yang diemban itu, ternyata  menjadikannya lebih peduli terhadap   sesama. Bahkan, sejak menjadi petugas  UPZ di Kecamatan itu, Ery merasakan  banyak manfaat dan keberkahan.

Salah satunya, kerap mendapatkan rezeki dari  jalan yang tidak pernah disangka-sangka.  Selain itu, juga sering dimudahkan segala  urusan. “Alhamdulillah, prinsip saya itu  pokoknya kerja dan diniati untuk ibadah,” kata mantan petugas Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) Desa Tegalarum, Kecamatan Sempu, itu.

Saat ini sudah mulai muncul kesadaran  dari lembaga, instansi, dan perorangan dalam menyalurkan ZIS ke Baznas melalui  UPZ. “Semoga saja semakin banyak warga  yang sadar memberikan ZIS ke Baznas  melalui UPZ,” sahut Arif Armawan, salah  seorang petugas UPZ lainnya.(radar)

Loading...

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Halo kawan-kawan, Jasa Sewa Mobil atau Rental Mobil Banyuwangi kini sudah semakin pesat perkembangannya lho. Mulai banyak perusahaan/ usaha kecil…
05/29/2018
Banyuwangi

Baca Juga :