Liburan Imlek 13 Ribu Mobil Nyeberang ke Bali

0
667

Aktivitas-penyeberangan-Ketapang-Gilimanuk-kemarin-mulai-normal-setelah-beberapa-hari-mengalami-peningkatan.

KALIPURO – Pulau Bali tampaknya masih menjadi primadona bagi masyarakat untuk merayakan libur panjang. Seperti yang terjadi  pada long weekend beberapa hari  lalu, jumlah kendaraan dan penumpang yang menuju Pulau Bali dari Pelabuhan ASDP Ketapang cukup tinggi.

Data pihak ASDP Ketapang, peningkatan jumlah kendaraan dan penumpang yang menuju Bali sudah terjadi sejak Jumat (5/2). Pada hari Jumat sebanyak 1.220 penumpang penyeberang ke Bali, sementara kendaraan roda dua mencapai 1.554 unit.

Kendaraan roda empat juga meningkat drastis pada hari  itu, yakni mencapai 3.902 unit yang menyeberang ke Bali.  Hari berikutnya, yakni Sabtu (6/2),  jumlah penumpang dan kendaraan  semakin meningkat. Ada sekitar 1.431 penumpang, 2.160 unit roda  dua, dan 4.346 unit kendaraan roda  empat, yang menuju Pulau Bali  pada liburan panjang pekan lalu   itu.

”Pada hari Sabtu itu kendaraan memang sedang banyak yang menyeberang ke Bali. Mobil pribadi mendominasi kepadatan kendaraan  yang menuju Bali itu. Sabtu  itu mencapai empat ribu kendaraan yang menyeberang,” kata Humas ASDP Ketapang, Sandi Nugroho.

Sandi menambahkan, pada Minggu (7/2) kemarin jumlah kendaraan dan penumpang menurun di bandingkan hari sebelumnya. Penumpang pejalan kaki hanya 1.852  orang, 2.025 unit kendaraan roda  dua, dan 2.746 unit kendaraan roda empat.

Libur terakhir, hari Senin  (8/2), penumpang ke Bali sudah  berangsur normal sekitar 1.156 orang, roda dua sekitar 2.273 unit,   dan roda empat ada 2.060 unit. Sandi menambahkan, total selama empat hari libur panjang kemarin keseluruhan penumpang sekitar 5.659 orang, roda dua sekitar  8.012 unit, dan kendaraan roda  empat pribadi terdata lebih banyak  dibandingkan penumpang dan  kendaraan roda dua, yakni mencapai  13.054 unit.

”Mobil pribadi yang ke Bali kebanyakan keluarga yang merayakan liburan. Jumlahnya memang membeludak, mencapai 13 ribu lebih kendaraan,” tambahnya. Pihak ASDP Ketapang merilis  bahwa jumlah total penumpang long weekend mengalami peningkatan dibandingkan hari biasa.

Baca :
Truk Tronton Vs Dua Motor di Banyuwangi, Satu Tewas

”Dari persentase meningkat 15–20 persen, baik penumpang maupun kendaraan.  Yang terlihat dominan mobil pribadi,” pungkasnya. (radar)