Makan di Jalan Sepanjang 500 m

0
368

warga-desa-tampo-gelar-selamatan-desa


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

CLURING – Warga Desa Tampo, Kecamatan Cluring, menggelar selamatan desa atau Bersih Desa kemarin (27/10). Tidak  tanggung-tanggung, dalam selamatan di  akhir bulan Suro itu, warga makan nasi ancak bersama di tengah jalan raya desa dengan panjang 500 meter.

Warga terlihat kompak berkumpul di tengah jalan raya Desa Tampo sambil membawa nasi dengan menggunakan ancak. Nasi ancak itu dijajar di tengah jalan raya sepanjang 500 meter. Tak pelak,  warga mulai anak-anak, remaja, dan  orang tua tumplek blek di jalan raya desa menuju Desa Kaliploso, Kecamatan  Cluring, tersebut.

Setelah dibacakan doa oleh tokoh agama desa setempat, warga langsung menyantap nasi ancak yang dibawa dari   rumah bersama-sama. Selain selamatan desa, makna yang lebih dalam makan  bersama itu adalah wujud kerukunan dan   kebersamaan.

“Baru kali ini dilaksanakan di desa, harapannya bisa dilaksanakan tiap tahun di bulan Suro,” ujar Sanaah, 60,  salah seorang warga Dusun Simbar 1, Desa Tampo, Kecamatan Cluring. Selamatan desa dengan makan bersama di jalan itu, dilaksanakan di setiap dusun yang ada di  Desa Tampo. Setiap warga yang ada di dusun di  minta melaksanakan selamatan dengan makan  nasi ancak secara bersama.

“Harapannya warga  semakin guyub, rukun, dan bersatu,” terang Sekretaris Desa Tampo, Ropi’i. Melalui kegiatan selamatan desa di setiap dusun  itu, selain untuk mempererat silaturahmi warga,  juga memohon perlindungan kepada Tuhan yang  Mahaesa agar kampung di Desa Tampo dijauhkan  dari segala bencana dan marabahaya. Warganya  diberi rezeki yang melimpah dan selalu diberi kesehatan dan keselamatan.

“Semoga tahun depan lebih ramai lagi,” katanya. (radar)

Loading...