Meriahkan HUT RI Ke–71, PNS Banyuwangi Ikuti Lomba Egrang hingga Balap Bakiak

0
1419

Meriahkan-HUT-RI-Ke–71,-PNS-Banyuwangi-Ikuti-Lomba-Egrang-hingga-Balap-Bakiak

BANYUWANGI – Halaman kantor Pemkab Banyuwangi mendadak full permainan tradisional pagi kemarin (26/8). Mengenakan pakaian bernuansa merah-putih, ratusan pegawai negeri  sipil (PNS) di lingkungan pemerintah daerah mengikuti beragam perlombaan, seperti balap egrang, balap bakia, memasukkan kelereng   dalam botol, dan lain-lain.

Sontak, halaman kantor yang di sehari-hari terkesan formal tersebut berubah riuh candatawa. Para abdi negara tampak sangat menikmati beragam perlombaan yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71  Proklamasi Kemerdekaan RI kali ini.

Acara yang dikemas dengan tajuk  “Gebyar Merah Putih” tersebut  diawali senam pagi bersama yang  diikuti para pejabat dan staf pemkab. Usai senam, mereka langsung  mengikuti berbagai perlombaan. “Selain untuk memeriahkan peringatan HUT RI, kegiatan itu juga dimaksudkan menjaga kekompakan dan mempererat silaturahmi  antar PNS,” ujar Wakil Bupati   (Wabup) Yusuf Widyatmoko.

Lomba-di-Halaman-Pemkab-Banyuwangi

Pada kesempatan tersebut, kalangan PNS juga bisa menikmati  puluhan kuliner khas Banyuwangi  di lokasi acara. Kuliner yang digelar dalam bazar Agustusan itu terdiri  atas bakso, siomay, jenang suro,  gado-gado, rujak soto, nasi pecel, batagor, sego cawuk, dan mi pangsit. Selain itu, ada pula es dawet, es  degan, es butu ijo, dan es campur.

Wabup Yusuf menambahkan,  meski ada beragam perlombaan yang diselenggarakan kemarin, pelayanan di kantor Pemkab Banyuwangi dan di seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) tetap berjalan normal. “Karena petugas piket bergiliran memberikan  pelayanan. Tugas rutin  SKPD juga tetap berjalan normal,” pungkasnya. (radar)