Mobil Pribadi Terus Mengalir ke Bali

0
749

KALIPURO – Antrean panjang kendaraan yang akan menyeberang ke Bali di Pelabuhan ASDP Ketapang sudah tidak tampak lagi kemarin (26/12). Namun, kendaraan yang menuju Bali masih terus mengalir hingga sore kemarin.

Pergerakan kendaraan yang menuju Bali melalui Pelabuhan ASDP Ketapang Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, terpantau masih didominasi mobil pribadi. Tidak sedikit kendaraan roda dua yang terlihat bergerak menuju Pulau Bali kemarin.

Berdasar data ASDP Ketapang, kendaraan roda empat yang menuju yakni sekitar 4.985 unit. Sementara itu, kendaraan roda empat dari Bali menuju Pulau Jawa terdata sekitar 3.717 unit.  Kendaraan roda dua yang menuju Pulau Bali sekitar 2.892 unit.

Sebaliknya. motor yang datang dari Bali terdata sekitar 2.605 unit. Jumlah penumpang pejalan kaki juga sudah mengalami penurunan, yang menuju Bali hanya sekitar 35.784 orang. Penumpang pejalan kaki yang menuju Jawa tercatat sekitar 27.776 orang.

Jumlah tersebut jelas berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Sebelumnya, jumlah penumpang sangat membeludak Jumlah kendaraan dan penumpang yang menuju Pulau Bali maupun yang menuju Pulau Jawa sangat  banyak.

Tren penurunan jumlah kendaraan itu diprediksi karena puncak arus libur Natal sudah terjadi saat macet total tiga hari lalu. Seperti diberitakan sebelumnya, Pelabuhan Ketapang berpeluang akan ramal dipadati pengguna jasa karena liburan masih berlangsung.

“Prediksi tetap, puncak arus liburan akan terjadi mendekati tahun baru 2016, yakni 28-30 Desember 2015 mendatang,” kata Wahyudi, manajer operasional PT. ASDP Indonesia Ferry Ketapang, Wahyudi menambahkan, meski pelabuhan sudah tampak sepi kemarin, pihaknya tetap mengoperasikan seluruh dermaga di Pelabuhan ASDP Ketapang, termasuk dermaga MB III.

Jumlah kapal yang beroperasi juga masih sama seperti hari sebelumnya, yakni 34 unit kapal, dengan rincian 25 jenis kapal motor penumpang (KMP) dan 9 jenis landing craft tank (LCT). (radar)