Motor mulai Antre, Mobil Tetap Mendominasi

0
361

KALIPURO – Kendaraan roda empat pelat hitam masih mendominasi arus balik di Pelabuhan penyeberangan PT ASDP Indonesian Ferry (Persero) Ketapang kemarin (27/6). Dalam tempo sehari ASDP Ketapang telah menyeberangkan 4.286 unit mobil pribadi ke Gilimanuk, Bali.

Jumlah mobil pribadi yang menyeberang ke Bali kemarin ternyata naik 15 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sekadar diketahui, pada H+2 Lebaran tahun lalu, kendaraan yang menyeberang dari Ketapang menuju Bali berjumlah 3.711 unit.

Meskipun kendaraan yang menyeberang naik lumayan besar, tidak sampai terjadi kemacetan di area pelabuhan Ketapang. Meski tergolong padat, keadaan lalu lintas tetap lancar aman terkendali.

Loading...

“Keadaan arus balik hingga saat ini masih lancar walaupun banyak sepeda motor dan mobil yang akan menyeberang ke Bali,” ujar Djafar, Koordinator lapangan PT. ASDP Ketapang. Data dari PT. ASDP Ketapang, sebanyak 28 unit Kapal Motor Penumpang (KMP) beroperasi kemarin.

Jumlah kapal yang beroperasi kali ini turun 3 persen dari tahun lalu, yang menurunkan 29 unit kapal. Sedangkan penumpang pejalan kaki yang menyeberang sebanyak 31.286 orang kemarin. Jumlah penumpang tersebut naik 5 persen dari tahun lalu dengan jumlah penumpang 29.730 orang.

Sedangkan kendaraan roda dua yang menyeberang kemarin menembus angka. 2.333 unit. Jumlah motor yang menuju Bali tersebut turun 29 persen dari tahun lalu, yakni 3.711 unit. “Sudah empat hari saya di Surabaya, sekarang waktunya balik ke Bali. Pakai mobil lebih enak bisa bawa barang dari kampung lebih banyak,” ujar Febri Kusnadi, 35, pemudik asal Surabaya.

Sedangkan penumpang yang datang dari Gilimanuk tercatat sebanyak 23.031 orang. Jumlah penumpang dari arah Bali yang masuk ke Jawa tersebut turun 15 persen dari tahun lalu, yakni 26.948 orang.

“Saya dan keluarga pulang liburan dari Bali dan sekarang mau kembali ke Sidoarjo. Karena sudah puas seminggu di Bali,” ungkap Sumarno, 50, wisatawan asal Sidoarjo. Sedangkan untuk kendaraan roda dua dari Bali menembus angka 3.615 unit. Untuk kendaraan roda empat dari arah Bali berjumlah 2.829 unit.

“Untuk pemudik dari Bali sepertinya sudah habis, sekarang arus baliknya,” tandas Djafar, petugas ASDP Ketapang. (radar)

loading...
SERVICE AC, KULKAS, MESIN CUCI

SERVICE AC, KULKAS, MESIN CUCI

JAYA TEKNIK melayani servis AC KULKAS MESIN CUCI DLL HUB 085321106214 BANYUWANGI KOTA
07/28/2017
Banyuwangi