Muhammadiyah Genteng Gelar Khitanan Bersama

0
445

muhammadiyah-genteng-gelar-khitanan-bersama


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

GENTENG-Pimpinan Cabang (PC) Muhammadiyah Genteng, melalui Majelis Pelayanan Sosial dan Pembinaan Kesehatan Umum, bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Banyuwangi, PKU Muhammadiyah Rogojampi, da RS Al Huda Genteng, menggelar khitanan bersama di masjid An Nur, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng kemarin (18/9).

Ketua PC Muhammadiyah Genteng, Drs. Ainur Roi q, M. Pd.I, dalam acara itu mengajak semua peserta dan hadirin untuk bersyukur agar acara ini mendapat rido dari Allah. “Semoga acara  kita mendapat ridho dan barokah  dari Allah,” katanya.

Khitan bersama yang digelar ini, terang dia, melibatkan sejumlah tenaga medis dari RS Al Huda, PKU Muhammadiyah Rogojampi, dan dari IDI Kabupaten Banyuwangi. “Kami mengucapkan terima kasih semuanya, termasuk kepada Ikatan Dokter Indonesia,” ucapnya.

Menurut Rofiq, khitan bersama ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh  Muhammadiyah Genteng dengan melibatkan berbagai pihak. “Mudah-mudahan, kegiatan ini bias terus dilaksanakan dan mendapat dukungan dari semua pihak,” ujarnya sambil menyebut untuk khitan bersama tahun  ini ditarget 30 anak.

Rofiq menyebut khitan bersama ini dilaksanakan secara  terbuka untuk umum. Hanya saja, peserta yang mengikuti khitan bersama ini harus didampingi orang tua atau walinya. Itu untuk memudahkan petugas dalam pelaksanaannya. “Semua  saja bias ikut, syaratnya harus  didampingi wali, kadang kan ada yang rewel,” dalihnya.

Majelis Pelayanan Sosial dan Pembinaan Kesehatan Umum, Nurokhman, M.Pd, menambahkan kegiatan yang digelar  ini ada dua jenis, yaitu khitan  bersama dan penthasarufan  (penmyerahan) zakat mal dalam rangka milad Muhammdiyah  ke-107 H/104 M.

Melalui kegiatan ini, terang dia, pihaknya menyerahkan dana pendidikan dan 100 paket beras dari zakat mal yang dihimpun Lazismu PC Muhammadiyah Genteng kepada warga yang berhak. “Penthasarufan zakat dari Lazizmu ini pada  warga yang memang berhak,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua IDI Kabupaten Banyuwangi, dr. Yos  Hermawan, menyambut baik  program Muhammadiyah yang  melibatkan kalangan medis dan  dokter di Banyuwangi. Dia ber-  harap dalam kegiatan ini ada  MoU antara Muhammadiyah   dan IDI.

“Bagaimana kalau kegiatan ini ada MoU, sehingga kegiatan Muhammadiyah ada  kerjasama,” jelasnya. Dokter Yos juga mengharap jajaran Muhammadiyah di berbagai daerah bisa menghubungi  IDI kalau ada kegiatan bakti   sosial. “Mari kita bergandeng-tangan, ke depan barang kali  lebih sering bertemu muka,”   katanya. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :