Parpol Wajib Setor Seribu KTA

0
506

Agar Bisa Ikut Pemilu 2014 di Banyuwangi


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Belum semua partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2014 di Banyuwangi menyerahkan berkas verifikasi. Hingga kemarin (4/9), baru dua parpol yang memasukkan berkas ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi. Dua parpol yang sudah memasukkan berkas tersebut adalah Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Dari dua parpol tersebut, hanya Partai Nasdem yang siap diverifikasi. Ketua KPU Banyuwangi, Syamsul Arifin mengatakan, DPC dua parpol tersebut sudah mendatangi KPU untuk menyerahkan berkas verifikasi. Namun, berkas yang diserahkan itu bukan berkas yang diminta seperti yang di-syaratkan perundangan-undangan.

Syamsul menjelaskan, untuk parpol tingkat kabupaten/kota, pengurus cukup menyerahkan berkas kartu tanda anggota (KTA). Berkas kelengkapan lain tidak perlu diserahkan, karena sudah diserahkan kepada KPU pusat. “Yang diserahkan ke KPU kabupaten bukan KTP anggota, melainkan KTA,” jelasnya.

Syamsul mengungkapkan, sesuai Peratu-ran KPU Nomor 8 Tahun 2012, jumlah KTA yang akan diverifikasi adalah seperseribu dari jumlah penduduk, atau minimal 1.000 KTA. Kalau misalnya penduduk Banyuwangi 1,6 juta jiwa, maka parpol berkewajiban menyerahkan 1.600 lembar KTA. Dari 1.600 KTA itu, KPU akan me lakukan verifikasi untuk me mastikan apakah parpol itu benar-benar memiliki anggota mi nimal 1.000 orang.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2