Pasokan Lancar,Harga Tetap Tinggi

0
126
NAIK: Seorang pedagang daging ayam me- nunggu pembeli di Pasar Banyuwangi kemarin.

BANYUWANGI – Perayaan hari raya Idul Fitri memang masih kurang dua bulan lagi. Tetapi harga daging ayam di Banyuwangi dan sekitarnya sudah mulai merangkak naik. Kenaikan harga itu tidak hanya terjadi pada daging ayam broiler. Tren serupa juga terjadi pada harga daging ayam kampung. Pantauan wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi di Pasar Banyuwangi kemarin (10/ 6), harga daging ayam pedaging meningkat cukup signifikan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Loading...

Harga daging yang semula sekitar Rp 22 ribu per kilogram (kg), kini naik menjadi Rp 24 ribu per kg. “Kenaikan harga itu sudah terjadi sejak berlangsung sekitar sebulan lalu,” ujar Ida, 36, seorang penjual daging ayam di Pasar Banyuwangi. Akibatnya bisa ditebak, peningkatan harga itu menyebabkan permintaan konsumen turun. Ida mengaku tidak tahu, apa penyebab pasti kenaikan harga daging ayam tersebut.

“Kalau dikatakan stok menipis, saya rasa tidak. Sebab, kiriman ayam potong dari Jember, Malang, dan Lumajang masih tetap lancar,” katanya. Peningkatan harga daging ayam pedaging itu rupanya berdampak pada harga daging ayam kampung. Sejak harga gaing broiler naik, harga daging ayam lokal juga meningkat dari Rp 46 ribu per kg menjadi Rp 50 ribu per kg. Dewi, 31, penjual daging ayam di pasar tradisional tersebut mengatakan, naiknya harga daging ayam mengakibatkan pembelian konsumen turun sekitar sepuluh persen.

“Harga daging ayam kampung ikut naik menyusul kenaikan harga daging ayam broiler,” paparnya. Menurut Dewi, kenaikan harga ayam broiler dipicu lantaran peternakan ayam di Banyuwangi belum memasuki masa panen. “Harga (daging ayam broiler) naik, karena peternak ayam di Banyuwangi belum ada yang panen. Jadi stok untuk pasar lokal harus didatangkan dari luar kota,” jelasnya.(radar)

Loading...