Pelopor Olahraga, Wakaf Rumah Untuk Persewangi

0
398

peloporSARDJU Adi Kardono merupakan salah satu pelopor kebangkitan olahraga, khususnya sepak bola di Banyuwangi, pada era tahun 1960-an. Perannya lebih banyak di balik layar. Dedikasi Adi Kardono untuk kemajuan olahraga di Banyuwangi memang tak terbantahkan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dia memiliki peran vital dalam perkembangan olahraga, utamanya cabang sepak bola. Kala itu dia menjadi bagian pengurus ikatan Sepakbola Banyuwangi Seluruh Indonesia (lSBlS). Nama itu berubah menjadi Persewangi pada tahun 1970. Rasa cintanya terhadap sepak bola memang besar. Dalam urusan bola, dia sama sekali tidak pernah menghitung untung-rugi.

Dia sudah mengorbankan tenaga, pikiran, dan waktu. Yang paling vital adalah mengenai pendanaan. Semasa hidup, Adi Kardono merupakan sosok penting di balik layar yang berani mengeluarkan duit cukup banyak. Apalagi, pada masa itu tidak ada bantuan dari pemerintah terkait pembinaan olahraga. Yang paling membanggakan adalah dia bekerja tanpa pamrih. Dia jarang sekali muncul ke publik. Sehingga, sosoknya yang dikenal loyal pun jarang diketahui khalayak umum.

Hanya kalangan pencinta olahraga yang mengenal betul dedikasinya di dunia olahraga. Adi Kardono merelakan rumahnya untuk home base Persewangi yang terletak di jalan dn Soetomo, tepatnya depan kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Banyuwangi. Kala itu dia mewakafkan rumahnya itu agar digunakan untuk kepentingan sepak bola. Lantaran tidak diurus, rumah yang dulu milik pribadi itu akhirnya pindah tangan menjadi aset pemerintah daerah.

Meski begitu, masih terselip pesan khusus bahwa kediaman itu tetap bisa digunakan home base Persewangi.  Dalam setiap ada even olahraga. pria berpenampilan low profil itu selalu muncul. Keberadaan dia sebagai penonton menjadi spirit tambahan bagi para pemain yang tengah bertanding. Pada era itu sepak bola Banyuwangi cukup disegani dl level nasional. Bahkan, tim-tim papan atas kewalahan menghadapi tim sepak bola Banyuwangi.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last