Pengusaha Kapal Pilih Modifikasi LCT ke KMP

0
943

KALIPURO – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) memperpanjang masa berlaku kapal landing craft tank (LCT) di Pelabuhan LCM Ketapang untuk mengangkut penumpang dan kendaraan sampai 31 Desember 2015.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Pihak  pengusaha kapal yang tergabung  dalam Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai dan Penyeberangan (Gapasdap) menyambut baik hal itu. Dengan tenggat waktu sekitar empat bulan ke depan, pihak Gapasdap mengaku akan mempersiapkan segala hal untuk menunjang kebijakan pemerintah  tersebut.

Beberapa operator kapal sudah ada yang melakukan modifikasi kapal LCT menjadi kapal motor penumpang  (KMP). Ada juga beberapa operator kapal yang sudah mendatangkan  KMP baru di Pelabuhan LCM Ketapang. Ketua DPC Gapasdap  Banyuwangi, Novi Budiyanto,  mengatakan sejauh ini sudah ada dua kapal jenis LCT yang  dimodifikasi menjadi KMP.

Ada juga dua operator kapal LCT yang saat ini masih mengajukan desain gambar kapal LCT yang akan diubah menjadi KMP kepada Dirjen Perhubungan Darat (Dirjen  Hubdat) dan Dirjen Perhubungan Laut (Dirjen Hubla).  ”Kapal yang dimodifikasi ke KMP harus sesuai spesifikasi yang diizinkan Perhubungan Darat dan Laut,” kata Novi.

Dengan tenggat waktu yang diberikan  sampai 31 Desember, pihak Gapasdap akan memanfaatkan  waktu tersebut semaksimal mungkin untuk mendukung kebijakan pemerintah yang melarang kapal LCT mengangkut penumpang dan kendaraan.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last