Beranda Sosial Puluhan Aktivis FOR Banyuwangi Demo Tolak Tambang Emas Tumpang Pitu

Puluhan Aktivis FOR Banyuwangi Demo Tolak Tambang Emas Tumpang Pitu

0
683

BANYUWANGI – Aksi demo menolak keberadaan tambang emas di Gunung Tumpang Pitu Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, kembali terjadi. Kali ini, puluhan aktivis yang tergabung dalam Forum Rakyat Banyuwangi (FOR-Banyuwangi) mengelar aksi demontarsi didepan kantor Bupati Banyuwangi, Selasa (19/2/2019).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Mereka mendesak agar Ijin Usaha Pertambangan (IUP) PT Bumi Sukses Indo (BSI) dan PT DAmai Sukses Indo (DSI), dicabut oleh pemerintah, karena dinilai menyengsarakan masyarakat, terutama warga yang tinggal disekitaran areal pertambangan yang berada di gunung Tumpang Pitu.

“Saat ini PT BSI sudah memasuki tahap eksplotasi, sehingga banyak pohon disekitaran hutan yang dulunya hutan lindung ditebang, dan tanahnya dikeruk, yang dampaknya sudah mulai dirasakan oleh warga,” ungkap Koorditaor aksi For Banyuwangi, Usman, Selasa (19/2/2019).

Loading...

“Akibat pembukaan lahan tersebut, banyak hewan yang mulai turun dan merusak tanaman warga, belum lagi sumber mata air yang ulai tercemar,” tambahnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Paini, warga Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran menjelaskan, selama ini masyarakat mengeluhkan, kesulitan sumber mata air, bahkan pembangunan yang dilakukan PT BSI mengganggu masyarakat karena aktivitas penambangan menimbulkan suara bising.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2

error: Uppss.......!